Aturan Liga 1, Setiap Tim Bisa Lima Kali Ganti Pemain - Kompas.com

Aturan Liga 1, Setiap Tim Bisa Lima Kali Ganti Pemain

Kompas.com - 30/03/2017, 10:15 WIB
SEGAF ABDULLAH/JUARA Exco PSSI, Hidayat, bersama Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, dan Direktur Utama PT LIB, Berlinton Siahaan, serta CEO PT LIB, Risha Adiwijaya (dari kiri ke kanan) dalam jumpa pers seusai pertemuan manajer klub Liga 1 dan Liga 2 di Kantor Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017) sore.

KOMPAS.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1, akan menerapkan beberapa regulasi baru, termasuk pergantian pemain yang mencapai lima kali bagi setiap tim pada satu pertandingan.

Hal itu dikatakan oleh CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Risha Adiwijaya, di Gedung Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).

Piala Presiden 2017 menjadi ajang percobaan regulasi yang akan diterapkan pada Liga 1.

Namun, menilik dari turnamen pramusim tersebut, beberapa adaptasi dan perubahan pun dihadirkan PT LIB.

Pada Piala Presiden alias turnamen yang bukan di bawah naungan FIFA, pergantian pemain disediakan lima slot. Pada Liga 1, yang notabene kompetisi resmi, regulasi tersebut tidak diubah.

"Keputusan ini dibuat agar kualitas kompetisi dapat terjaga. Untung ruginya sudah kami pertimbangkan," kata Risha kepada wartawan.

Pada Piala Presiden, setiap klub hanya boleh mendaftarkan 18 pemain dalam satu laga. Pada Liga 1, klub bisa mencantumkan 20 nama pada daftar susunan pemain.

Untuk peraturan tentang pemain U-23 tidak ada perubahan. Setiap klub wajib memiliki lima pemain dan tiga di antaranya harus bermain minimal dalam 45 menit.

Sementara itu, menyoal pemain asing, meskipun tidak wajib memiliki, klub tetap diberikan jatah tambahan untuk pemain berstatus marquee player.

Formulasinya menjadi 2 pemain asing non-Asia 1 pemain asing Asia 1 marquee player. Untuk Liga 1, PT LIB juga meniadakan water break. (Segaf Abdullah)

 


EditorEris Eka Jaya
SumberJUARA

Close Ads X