Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2017, 17:43 WIB
Anju Christian

Penulis

KOMPAS.com - Media-media luar negeri turut menyoroti kedatangan Michael Essien ke Persib Bandung, Selasa (14/3/2017).

Seperti diinformasikan sebelumnya, Essien, gelandang asal Ghana itu mendapatkan kontrak berdurasi satu tahun. Bersama tim berjulukan Maung Bandung, dia bakal mengenakan kostum bernomor lima.

Keputusan Essien berkarier di Indonesia lantas mengundang atensi dari media-media Eropa. Maklum, dia sempat membela sejumlah klub besar Eropa.

Salah satunya yakni Daily Mail yang menuliskan, "Michael Essien bergabung dengan tim Indonesia, Persib Bandung, karena eks pemain Chelsea dan Real Madrid ini mencari tantangan baru."

Dijelaskan pula oleh media asal Inggris itu bahwa Essien sempat menganggur selama enam bulan setelah meninggalkan Panathinaikos pada 2016. Periode menganggur itu dihabiskan sang pemain dengan berlatih di tim cadangan Chelsea.

Bleacher Report ikut meramaikan pemberitaan tentang Essien. Mereka mengambil informasi dari Goal dan akun Twitter Persib Bandung.

Mereka juga merilis kicauan berbunyi, "Sebuah langkah mengejutkan untuk sepak bola Indonesia. Michael Essien bergabung Persib Bandung."

Baca: Teka-teki Pengganti Ronaldinho di Persib Bandung

Selain itu, Essien masuk pemberitaan Fox Sports Australia. Dia bersanding dengan Mesut Oezil dalam rubrik Paper Talk.

Tertulis pula bahwa Essien sempat dikaitkan dengan tim asal Negeri Kanguru, Melbourne Victory, pada akhir musim 2015-2016. Namun, transfer urung terlaksana.

Tidak ingin ketinggalan, media asal Ghana, Pulse, ikut memberitakan transfer tentang eks pemain tim nasionalnya itu. Essien disebut menerima bayaran 800.000 euro (sekitar Rp 11,3 miliar) per tahun.

Baca: Ada Umuh Muchtar di Wikipedia Essien

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com