Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balotelli Bikin Bastia Terkena Sanksi Ganda

Kompas.com - 25/02/2017, 09:23 WIB

BASTIA, KOMPAS.com - Klub Ligue 1 - kasta teratas Liga Perancis - Bastia mendapat sanksi ganda karena suporternya melakukan tindakan rasialis kepada striker Nice asal Italia, Nario Balotelli. Mereka terpaksa harus menggelar laga kandang tanpa penonton dan terkena pengurangan poin. 

Tindakan tak terpuji suporter Bastia itu terjadi pada pertandingan Ligue 1 di Stadion Armand Cesari, Jumat (20/1/2017), yang berakhir imbang dengan skor 1-1.

Dilansir dari BBC, ketika itu suporter Bastia melayangkan teriakan bernada rasialis dan menggunakan alat peraga yang melecehkan Balotelli. Lantaran hal tersebut, Balotelli langsung melayangkan protes resmi.

"Apakah normal suporter Bastia mengeluarkan suara monyet sepanjang pertandingan dan tak ada seorang pun dari komisi disiplin bereaksi?" tulis Balotelli di media sosial pribadinya.

"Jadi, apakah rasialisme legal di Perancis? Atau hanya di Bastia? Sepak bola adalah olahraga luar biasa, tetapi suporter Bastia membuatnya menjadi mengerikan. Ini benar-benar memalukan," tulis mantan pemain Liverpool itu.

Akibat sikap suporternya itu, Bastia dijatuhi sanksi berupa tiga kali menggelar laga kandang tanpa kehadiran suporter di Ligue 1, Jumat (24/2/2017). Klub asal Pulau Corsica itu juga terkena pengurangan satu poin dari Komisi Disiplin Ligue 1.

Pihak Bastia sendiri sudah memberi sanksi kepada soerang suporter. Oknum suporter tersebut tertangkap kamera memakai topeng monyet pada laga kontra Nice sehingga pihak klub mencekalnya untuk datang ke stadion.

Nice saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara Ligue 1 berkat kemenangan 2-1 atas Montpellier, Jumat (24/2/2017) atau Sabtu dini hari WIB. Balotelli tak bermain pada laga tersebut dan dua gol Nice dicetak oleh striker yang baru kembali setelah absen 17 bulan, Mickael le Bihan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com