Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kali Tertinggal, Man City Tekuk Monaco

Kompas.com - 22/02/2017, 04:44 WIB
Anju Christian

Penulis

MANCHESTER, KOMPAS.com - Manchester City menang 5-3 atas AS Monaco pada partai pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Etihad, Selasa (21/2/2017).

Kemenangan ini diraih pasukan Josep Guardiola dengan tidak mudah. Mereka sempat tertinggal dua kali sebelum mencetak tiga gol dalam 20 menit terakhir pertandingan.

Kebangkitan Man City tidak lepas dari peran Sergio Aguero yang mencetak dua gol plus satu assist sekaligus mengakhiri periode pacekliknya di fase gugur Liga Champions.

Menilik statistik versi UEFA, tim beralias The Citizens tampil efisien. Mereka melepaskan enam tembakan tepat sasaran dari delapan percobaan.

Sebaliknya, Monaco menghamburkan peluang dengan 15 tembakan, hanya enam di antaranya tepat sasaran.

Peluang pertama dari Man City langsung membuahkan hasil pada menit ke-26. Prosesnya diawali begitu bebasnya Leroy Sane di sisi kanan pertahanan Monaco.

Dia mengirimkan umpan mendatar yang diteruskan Raheem Sterling untuk menggetarkan jala tim tamu.

Gol Sterling seolah menyentak Monaco. Mereka langsung mendongkrak intensitas serangan dan menebar sejumlah ancaman pada sisa waktu babak pertama.

Ancaman pertama berbuah gol Radamel Falcao enam menit berselang. Seraya menjatuhkan diri, striker asal Kolombia itu menanduk bola umpan silang dari Fabinho ke gawang Wilfredo Caballero.

Pemilik nama terakhir patut disorot dalam lesakan ini. Gara-gara operannya yang meleset, Monaco mengambil alih permainan dan mengkreasikan gol.

Kesalahan di daerah sendiri kembali membuat Man City kemasukan lima menit menjelang babak pertama berakhir. Pemicunya adalah pelanggaran Fernandinho di tengah.

Fabinho mengirimkan bola panjang langsung ke gawang Man City. Dengan penjagaan kurang ketat dari Nicolas Otamendi, Kylian Mbappe melepaskan tembakan voli ke pojok atas gawang Man City.

Ketinggalan 1-2 dan kesempatan istirahat tak lantas mendongkrak permainan pasukan Josep Guardiola pada paruh kedua.

Baru lima menit babak kedua berlangsung, Monaco mendapatkan kans emas untuk mencetak gol ketiga. Wasit menunjuk titik putih karena tekel Otamendi terhadap Falcao di kotak terlarang.

Untung buat tim tuan rumah, bola sepakan Falcao terlalu lemah sehingga bisa diamankan oleh Caballero.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com