Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saint-Etienne "Disiksa" Trigol Zlatan Ibrahimovic

Kompas.com - 17/02/2017, 05:09 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

Sumber JUARA

MANCHESTER, KOMPAS.com - Manchester United mengunci kemenangan 3-0 atas Saint-Etienne dalam laga leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Stadion Old Trafford, Kamis (16/2/2017) waktu setempat.

Gol Manchester United diborong oleh Zlatan Ibrahimovic (menit ke-15, 75', 88'-pen). Ibra membuat langkah Saint-Etienne yang diperkuat kakak Paul Pogba, Florentin Pogba, semakin berat menuju babak 16 besar.

Berdasarkan catatan UEFA, Man United memang tampil lebih mendominasi. Mereka memimpin penguasaan bola hingga 60 persen. Dari segi peluang, The Red Devils memiliki 19 dan Saint-Etienne mempunyai 14 kesempatan.

Mengambil inisiatif serangan sejak awal, Man United langsung mengancam gawang St-Etienne pada menit ke-10 lewat tembakan Anthony Martial dari luar kotak penalti. Namun, kiper tim tamu, Stephane Ruffier, dengan sigap menepis bola.

Penggemar Man United tak butuh waktu lama untuk bersorak gembira setelah Ibrahimovic menceploskan gol via tendangan bebas pada menit ke-15. Bola sempat mengenai pemain St-Etienne, Vincent Pajot, sebelum meluncur mulus masuk ke gawang.

St-Etienne menjadi tim yang paling sering dijebol Ibrahimovic di sepanjang kariernya dengan torehan 15 gol dari 14 pertandingan!


The Red Devils nyaris menambah keunggulan pada menit ke-25 seusai Juan Mata menyambut umpan lambung Paul Pogba di Kotak penalti dengan sepakan voli. Akan tetapi, Ruffier lagi-lagi menyelamatkan gawangnya.

Hanya berselang lima menit kemudian, Ruffier kembali tampil cekatan untuk mementahkan tembakan jarak dekat Martial. Bola muntah yang disontek Ibrahimovic juga gagal masuk karena melambung tipis di atas mistar St-Etienne. Skor 1-0 untuk Man United bertahan hingga turun minum.

St-Etienne sebenarnya melepaskan 11 sepakan sepanjang 45 menit pertama. Namun, tak satu pun yang mengarah tepat sasaran.

Memasuki babak kedua, Man United tidak mengendurkan serangan. Mereka mendapatkan peluang pada menit ke-53 melalui tendangan kaki kiri Martial dari dalam kotak terlarang. Akan tetapi, Ruffier masih dapat menghalau bola.

Pada menit ke-69, sundulan Pogba yang menyambut umpan dari free-kick Daley Blind hampir menjebol St-Etienne. Namun, bola masih membentur mistar gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu kubu Theatre of Dreams muncul pada menit ke-75. Berawal dari operan Marcus Rashford yang dipotong oleh Ruffier, Ibrahimovic dengan tenang menyontek bola di mulut gawang St-Etienne.


Ibrahimovic terlibat dalam 17 gol dari 17 penampilan Man United di Old Trafford lewat raihan 11 gol dan enam assist.

Ibrahimovic menyempurnakan aksinya dengan membukukan hat-trick pada menit ke-88 lewat tendangan penalti seusai dirinya dilanggar oleh bek St-Etienne, Kevin Theophile-Catherine.

Ibrahimovic mengukuhkan St-Etienne sebagai "lawan favoritnya" dengan perolehan 17 gol dari 14 laga!

Halaman:
Sumber JUARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com