Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilkay Guendogan Membela Pelatih Dortmund

Kompas.com - 16/02/2017, 22:54 WIB
Megandika Wicaksono

Penulis

MANCHESTER, KOMPAS.com - Gelandang Manchester City, Ilkay Guendogan (26), membela eks pelatihnya di Borussia Dortmund, Thomas Tuchel. Guendogan menilai Tuchel masih layak dipertahankan.

Thomas Tuchel berada dalam sorotan menyusul kekalahan beruntun yang dialami Dortmund.

Die Borussen kalah 1-2 melawan Darmstadt di Bundesliga, Sabtu (11/2/2017), sebelum takluk 0-1 dari Benfica pada leg pertama ronde 16 besar Liga Champions, Selasa (14/2/2017).

OLIVER HARDT/GETTY IMAGES FOR MAN Gelandang Borussia Dortmund, Ilkay Guendogan, dalam duel Bundesliga menghadapi Wolfsburg, 5 Desember 2015.

Banyak pihak menganggap Tuchel dan Dortmund kehilangan para pemain yang sudah pergi, salah satunya Ilkay Guendogan.

Namun, di mata Guendogan, Dortmund hanya perlu waktu untuk menyesuaikan diri.

"Dortmund sedang berada dalam masa transisi. Mereka merekrut banyak pemain muda yang harus beradaptasi di klub baru dan itu butuh waktu. Saya melihat tim Dortmund saat ini sangat potensial," kata Guendogan.

Pemain nasional Jerman keturunan Turki tersebut pun optimistis Dortmund bisa menutup musim 2016-2017 dengan setidaknya lolos ke fase grup Liga Champions musim depan.

Saat ini, Marco Reus dkk masih berada di urutan keempat klasemen sementara Bundesliga dengan 34 poin. Mereka tertinggal 15 angka dari FC Bayern Muenchen di peringkat pertama.

"Saya yakin Dortmund bisa kembali bermain di Liga Champions tahun depan. Ketika mereka sudah bisa mencapai langkah berikutnya, Dortmund sanggup mencapai prestasi besar," tuturnya.

Agar Dortmund bisa mencapai prestasi, Tuchel adalah sosok yang tepat memimpin tim bagi Guendogan.

Guendogan sempat merasakan dilatih Tuchel pada musim 2015-2016 sebelum dia hengkang ke Man City.

"Saya tahu kemampuan Tuchel dan senang bisa berlatih dengan dia selama setahun. Saya banyak belajar karena dia adalah pelatih hebat yang cocok untuk banyak klub. Saya tidak mengerti kenapa dia mendapat kritik. Tuchel sosok tepat untuk Dortmund," ucap Guendogan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com