Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih Timnas U-16 Lirik Pemain Hasil Liga Kompas

Kompas.com - 13/02/2017, 22:20 WIB
Ferril Dennys

Penulis

Sumber ANTARA

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Indonesia U-16, Fakhri Husaini, bergerak cepat untuk membangun tim. Salah satu yang dia lakukan adalah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang pernah menggelar turnamen Piala Menpora U-16.

"Saya tahu ada beberapa turnamen usia muda yang dilaksanakan pemerintah. Ini adalah sumber-sumber pemain yang sangat potensial untuk membangun timnas," kata Fakhri Husaini di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (13/2/2017), seperti dilansir dari Antaranews.

Untuk mencari data pemain muda potensial - terutama dari hasil Piala Menpora, mantan pelatih Bontang FC ini melakukan koordinasi dengan Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta.

Hasil dari koordinasi tersebut didapatkan beberapa nama pemain yang dinilai cukup potensial untuk memperkuat timnas. Nama-nama pemain itu merupakan hasil dari talent scouting di seluruh Indonesia.

"Saya mendapatkan banyak nama. Tentu saja, hasil ini sangat membantu tugas saya. Ini bisa memangkas 50 persen dari rencana kerja saya karena pemain yang direkomendasikan adalah hasil dari talent scouting," kata mantan pemain timnas Indonesia itu.

Fakhri mengaku dengan mendapatkan nama pemain dari pemerintah, maka data awal pemain sudah didapat. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak lain yang juga menggelar kejuaraan usia muda seperti Liga Kompas maupun Liga Topskor.

"Masih banyak waktu untuk menyusun tim karena pertandingan baru akan dilakukan Juli. Waktu yang cukup untuk melakukan periodesasi latihan sesuai dengan program," kata Fakhir Husaini menegaskan.

Setelah data semua terkumpul, pihaknya akan melakukan seleksi di Purwakarta, Jawa Barat, 23 Februari. Semua pemain terbaik dari hasil Piala Menpora, Liga Kompas, maupun Liga Topskor akan dipanggil guna menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Ada 40 pemain yang bakal diambil. Namun, dalam perjalanannya akan dikurangi sebelum pemain pilihan akan menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Cijantung, Jakarta Timur. Sesuai dengan rencana, pelatnas akan bergulir mulai April hingga Juli.

Timnas Indonesia U-16 ini bakal turun di beberapa kejuaraan yaitu Piala AFF U-16 pada Juli, kualifikasi Piala AFC 2018 pada September dan harapan utamanya adalah bisa tampil di Piala Dunia U-17 pada 2019 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com