Rabu, 29 Maret 2017

Bola / Internasional

Uruguay U-20 Raih Gelar Ke-8, Brasil Gagal Lolos ke Piala Dunia

AFP Para pemain Uruguay U-20 merayakan keberhasilan mereka menjadi juara di Quito dan berhak lolos ke Piala Dunia U-20, Sabtu (11/2/2017).

Berita Terkait

QUITO, KOMPAS.com - Tim nasional Uruguay U-20 menjadi juara Kejuaraan Sepak Bola Amerika Selatan U-20 dan berhak melangkah ke putaran final Piala Dunia U-20.

Uruguay menjadi juara setelah menang 2-1 atas tuan rumah Ekuador pada pertandingan di Stadion Atahualpa, Sabtu (11/2/2017) atau Minggu pagi WIB.

Kemenangan ini memantapkan Uruguay sebagai pemuncak klasemen putaran final dengan koleksi 12 poin. Mereka berada di atas Ekuador, Venezuela, Argentina (7 poin), Brasil (6 poin), dan Kolombia (2 poin).

Keberhasilan timnas Uruguay U-20 menjadi juara ini mengakhiri paceklik gelar sejak 1981. Wajar apabila kemudian Luis Suarez ikut bergembira.

"Selamat kepada tim U-20. Terima kasih atas kebahagiaan besar ini. Mereka pantas meraihnya. Bangga kepada kalian semua," tulis pencetak gol terbanyak sepanjang masa Uruguay di Instagram pribadinya.

Bagi Uruguay, gelar juara tahun ini merupakan yang kedelapan sepanjang keikutsertaan. Koleksi trofi mereka kalah dari Brasil (11 kali).

Akan tetapi, timnas Brasil U-20 gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia. Sebab, hanya empat tim dari Conmebol - Kofederasi Sepak Bola Amerika Selatan - yang berhak maju ke putaran final.

Putaran final Piala Dunia U-20 akan digelar di Korea Selatan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2017. Dari seluruh konfederasi, tinggal Afrika serta Amerika Tengah dan Utara yang belum memastikan wakilnya.

Sejauh ini tim yang sudah lolos adalah Korea Selatan selaku tuan rumah, Iran, Jepang, Arab Saudi, Vietnam (Asia), Argentina, Ekuador, Uruguay, Venezuela (Amerika Selayan), Selandia Baru, Vanuatu (Oseania), serta Inggris, Perancis, Jerman, Italia, dan Portugal (Eropa).


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
TAG: