Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesepak Bola Paripurna Bernama Lionel Messi

Kompas.com - 26/01/2017, 07:32 WIB
Anju Christian

Penulis

KOMPAS.com - Pelatih Barcelona, Luis Enrique, memberikan frase menarik untuk mendeskripsikan Lionel Messi, yaitu total footballer.

"Berkat kematangan diri, Messi tidak diragukan lagi sudah mengalami evolusi sepak bola. Dia berubah dari sekadar pencetak gol menjadi total footballer," tutur Enrique.

Istilah tersebut sempat melekat dalam diri legenda Barcelona, Johan Cruyff. Sebab, pria asal Belanda itu dikenal sebagai inisiator gaya total football.

Baca: Kisah Johan Cruyff, The Total Footballer

Beda hal dengan sebutan total footballer dari Enrique untuk Messi. Sang bintang dideskripsikan sebagai pesepak bola paripurna.

"Messi mampu melakukan apa pun baik ketika menyerang maupun bertahan. Dia bisa mengeksploitasi kelemahan lawan," ucap Enrique.

"Dia juga bisa memeragakan permainan satu atau dua sentuhan. Dia begitu memahami kapan harus berlari saat menerima bola atau bagaimana bermain tanpa bola," kata sang pelatih.

Perkembangan Messi sebagai pemain komplet bisa terlihat dari pergeseran posisi. Pada awal karier, dia hanya diplot sebagai pemain sayap kanan.

Demi memaksimalkan ketajaman Messi, Josep Guardiola sempat memberikan posisi striker utama kepada pemain asal Argentina itu.

Adapun di tim nasional, pemain berusia 29 tahun itu beberapa kali mengambil lakon gelandang serang di belakang striker atau penyerang lubang.

Tidak cuma posisi, Messi juga mengalami pergeseran fungsi di bawah asuhan Enrique. Messi mulai fasih dengan peran pelayan, terbukti dengan catatan 67 assist dalam 132 laga.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com