Juventus dan Fiorentina Lolos ke Perempat Final Coppa Italia - Kompas.com

Juventus dan Fiorentina Lolos ke Perempat Final Coppa Italia

Nugyasa Laksamana
Kompas.com - 12/01/2017, 04:41 WIB
Dok. Juventus Penyerang Juventus, Paulo Dybala, merayakan gol ke gawang Atalanta dalam laga Coppa Italia, di Stadion Juventus, Rabu (11/1/2017) waktu setempat.

TURIN, KOMPAS.com - Juventus lolos ke babak perempat final Coppa Italia berkat kemenangan 3-2 atas Atalanta di Stadion Juventus, Rabu (11/1/2017) atau Kamis dini hari WIB.

Tiga gol kemenangan Juventus diciptakan oleh Paulo Dybala, Mario Mandzukic, dan Miralem Pjanic.

Adapun Atalanta membalasnya lewat gol Abdoulay Konko dan Emmanuel Latte Lath.

Pada perempat final nanti, Juventus bakal menghadapi pemenang laga antara AC Milan dan Torino yang akan diselenggarakan di Stadion San Siro, pada Kamis (12/1/2017).

Tampil di kandang, Juventus tampil begitu mendominasi. Hal itu dibuktikan melalui statistik penguasaan bola mereka, yakni mencapai angka 55 persen.

Walaupun begitu, Atalanta sanggup menyulitkan tuan rumah, khususnya ketika pertandingan babak kedua.

Juventus sukses membuka keunggulan saat laga memasuki menit ke-22. Gol pertama ini diciptakan secara spektakuler oleh Dybala.

Proses gol pemain asal Argentina itu diawali dari umpan tandukan Mandzukic. Kemudian, Dybala menuntaskannya lewat tembakan keras kaki kiri dari luar kotak penalti


Kerja sama antara Dybala dan Mandzukic pun berlanjut. Kombinasi apik keduanya di lini depan melahirkan gol kedua tuan rumah yang tercipta pada menit ke-34.

Kali ini, giliran Mandzukic yang mencatatkan namanya di papan skor. Ia memanfaatkan sodoran mendatar Dybala dan secara tenang menceploskan bola ke gawang Atalanta.

Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan 2-0 untuk Juventus.


Saat babak kedua, dominasi Juventus tak mengendur. Mereka masih tampil digdaya atas klub asuhan Gian Piero Gasperini.

Juventus nyaris menggandakan kedudukan saat sepakan gelandang anyarnya, Tomas Rincon. Namun, upaya dia hanya membentur mistar gawang.

Meski demikian, Atalanta yang sejak awal terus dalam tekanan, akhirnya bisa memperkecil skor berkat gol apik Konko pada menit ke-72.

Bekerja sama dengan Andrea Petagna, Konko melepaskan tendangan first time melengkung ke pojok kiri gawang Juventus.


Namun, Juventus tak terbendung. Mereka terus melancarkan serangan hingga pemain Atalanta terpaksa melanggar Stephan Lichtsteiner di kotak penalti.

Hadiah tendangan penalti dari wasit tak disia-siakan oleh Pjanic. Eks pemain AS Roma tersebut sukses menjadi eksekutor dan mengubah skor menjadi 3-1.

Skor itu tak membuat Atalanta patah semangat. Buktinya, pada menit ke-81, mereka kembali membuat pendukung tuan rumah terdiam melalui gol Emmanuel Latte Lath.

Pemain muda asal Pantai Gading itu mencetak gol kedua Atalanta dengan mencocor umpan silang mendatar Andrea Conti dari sisi kanan.


Juventus yang tadinya berada di atas angin, kini dalam tekanan. Beberapa pemain mereka melakukan kesalahan yang nyaris berujung gol bagi Atalanta.

Namun, pada sisa waktu laga, baik Atalanta maupun Juventus tak lagi mencetak gol. Tuan rumah pun berhak melaju ke babak perempat final Coppa Italia.

 

Penalti menit akhir loloskan Fiorentina


Beberapa saat sebelumnya, Fiorentina juga memastikan diri lolos ke perempat final Coppa Italia. Mereka menaklukkan Chievo Verona dengan skor tipis 1-0.

Laga ini berlangsung panas karena wasit sampai harus mengeluarkan sembilan kartu kuning serta dua kartu merah bagi kedua kubu.

Pemain Chievo, Ivan Radovanovic, lebih dulu diusir wasit setelah mendapatkan dua kartu kuning menjelang berakhir babak pertama.

Adapun kartu merah untuk Fiorentina diterima oleh Mauro Zarate. Ia mendapatkannya saat laga memasuki menit ke-71.

Setelah laga berjalan ketat, Fiorentina akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan pada masa injury time melalui eksekusi penalti Federico Bernardeschi.

Wasit memberikan hadiah penalti kepada Fiorentina setelah bek Chievo, Massimo Gobbi, menjatuhkan Bernardeschi dari arah belakang.

Tembakan penalti Bernardeschi ke arah kanan gawang Chievo tak mampu dihalau kiper Stefano Sorrentino.

Selanjutnya, pada babak perempat final, Fiorentina akan menghadapi Napoli yang berhasil menyingkirkan Spezia dengan skor 3-1.

Laga tersebut akan digelar di kandang Napoli, yakni Stadion San Paoli, pada 24 Januari 2017.

PenulisNugyasa Laksamana
EditorNugyasa Laksamana
Komentar

Close Ads X