Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klopp: Liverpool Tak Pernah Takut Lawan Tim "Parkir Bus"

Kompas.com - 28/11/2016, 13:51 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com - Manajer Liverpool, Juergen Klopp, meyakini bahwa timnya siap untuk bermain melawan tim yang menerapkan strategi bertahan secara masif seperti "parkir bus".

"Parkir bus" adalah sebuah istilah untuk menggambarkan strategi bertahan total dengan "menumpuk" para pemain di sektor pertahanan dan hanya menempatkan satu atau dua pemain di lini depan.

Terkait hal itu, Klopp menekankan bahwa Liverpool tidak pernah takut melawan tim yang bermain dengan strategi "parkir bus".

Hal tersebut ia sampaikan saat Liverpool berhasil menang atas Sunderland dengan skor 2-0 pada Sabtu (26/11/2016).

Dalam pertandingan itu, Liverpool baru bisa mencetak gol pada 15 menit sebelum laga berakhir karena ketatnya lini pertahanan dari Sunderland.

"Saya pikir tidak ada keraguan bahwa kami siap untuk bermain melawan tim dengan strategi 'parkir bus'. Kami memiliki semua keterampilan, tetapi Anda perlu bersabar," kata Klopp kepada koran UK, seperti dikutip dari FourFourTwo.com, Senin (28/11/2016).

"Jika telah berhasil mencetak gol pertama, itu akan membuka gol kedua, ketiga, dan keempat. Ini semua tentang waktu dan yang paling penting jangan frustrasi," ujar pelatih asal Jerman itu.

Selain itu, Klopp pun melihat bahwa ada perbedaan respons dari Liverpool dibandingkan musim lalu saat menghadapi tim bertahan.

"Tahun lalu, permainan kami berbeda dengan beberapa tim yang bermain defensif melawan kami. Kali ini, karena lebih baik, kami telah memaksa mereka ke dalam situasi seperti ini," kata eks pelatih Borussia Dortmund itu.

Saat menghadapi Sunderland, Liverpool berhasil merobohkan tembok pertahanan tim tersebut melalui Divock Origi dan James Milner, 15 menit sebelum pertandingan berakhir.

Atas hasil ini, The Reds pun tidak terkalahkan dalam 14 pertandingan di semua kompetisi.

Raihan tiga angka itu membuat Liverpool tetap berada di posisi kedua klasemen sementara dengan mengemas 30 angka, tertinggal satu poin dari Chelsea yang berada di peringkat pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com