Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analisis Sergio van Dijk tentang Peluang Timnas di Piala AFF

Kompas.com - 25/10/2016, 22:01 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Striker Persib Bandung, Sergio van Dijk, berbicara tentang tim nasional Indonesia yang akan tampil pada ajang Piala AFF bulan November nanti. Menurutnya, ada hal positif di skuad karena banyak pemain muda.

Timnas di bawah besutan Alfred Riedl terus memantapkan komposisi pemain jelang event tersebut. Van Dijk, yang merupakan striker naturalisasi, merasa yakin Indonesia punya kans besar untuk berbicara banyak dalam event antarnegara Asia tenggara itu.

Apalagi, banyak pemain muda yang dipanggil ke dalam skuad Garuda senior. Dikatakannya, ini patut diapresiasi dan merupakan hal yang sangat positif untuk regenerasi para pemain timnas.

"Bagus karena timnas harus melakukan regenerasi kalau pemain muda tidak dikasih kesempatan bermain nanti mereka tidak ada pengalaman," ujar Van Dijk, Selasa (25/10/2016).

Pemain keturunan Belanda itu berpendapat, Indonesia harus mencontoh timnas Thailand di mana proses regenerasi pemain intensif dilakukan.

"Saya rasa Thailand tim yang kuat, timnas mereka sudah menggunakan pemain muda seperti Indonesia tapi mereka sudah lebih dulu," ucapnya.

"Hasilnya pada awal memang kurang bagus tetapi setelah beberapa tahun mereka bisa mememenangkan turnamen. Mudah-mudahan itu menjadi contoh untuk Indonesia," tambahnya.

Dibukanya kesempatan kepada para pemain muda pun, kata Van Dijk, harus didukung oleh seluruh pihak, termasuk suporter.

"Suporter di Indonesia harus sabar karena pemain-pemain muda masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan beban di level Internasional," ucapnya.

Van Dijk, yang sempat mengisi lini depan timnas menilai, skema permainan yang diterapkan Riedl saat ini cenderung lebih modern.

"Timnas sekarang mungkin berbeda dengan timnas saat zaman saya. Zulham dan Irfan Bachdim mempunyai kemampuan lari lebih cepat. Kalau saya dipasang sebagai striker murni mungkin sekarang sudah tidak cocok," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com