Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2016, 03:47 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Real Madrid memanfaatkan kekalahan Atletico Madrid dari Sevilla untuk meraih puncak klasemen sementara Divisi Primera La Liga, kasta teratas Liga Spanyol. 

Menjamu Athletic Bilbao di Stadion Santiago Bernabeu, Real Madrid menang tipis 2-1. Karim Benzema sempat membawa tuan rumah unggul terlebih dahulu pada awal pertandingan, tetapi bisa disamakan oleh Sabrin Merino. 

Alvaro Morata yang masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua tampil sebagai penentu kemenangan Real Madrid. Kemenangan ini membawa pasukan Zinedine Zidane ke puncak klasemen sementara dengan koleksi 21 poin, unggul satu angka atas Sevilla. 

Real Madrid memang tampil lebih mendominasi. Mereka memimpin penguasaan bola hingga 62 persen. Dari segi peluang, Los Blancos memiliki 18 dan Athletic mempunyai sembilan kesempatan.

Penggemar Real Madrid langsung bersorak gembira pada menit ke-7 setelah Benzema mencetak gol lewat sepakan jarak dekat. Dia dengan tenang memanfaatkan operan datar Isco dari dalam kotak penalti.

Tersentak dengan gol cepat kubu tuan rumah, Athletic mulai keluar menyerang. Pasukan Ernesto Valverde mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-27 melalui Sabin Merino. Dia tanpa cela mengonversi umpan Javier Eraso.

Cristiano Ronaldo mendapat peluang emas pada pengujung babak pertama, tetapi dia ragu-ragu antara mengoper dan menembak. Akhirnya, sepakan lemah kapten Portugal itu dengan mudah dihentikan kiper Athletic, Gorka Iraizoz.

Memasuki babak kedua, Athletic lebih dulu mengancam gawang Real Madrid. Inaki Williams melepaskan tembakan keras pada menit ke-53, namun bola masih melambung tipis di atas mistar Keilor Navas.

Gol yang ditunggu-tunggu fans Real Madrid tercipta pada menit ke-83 melalui gol Morata.

Berawal dari umpan silang Gareth Bale, Morata dengan sigap menyontek bola. Bola sempat dihalau oleh Iraizoz, namun si kulit bulat terlepas dan segera disepak Morata.

Ronaldo nyaris menambah keunggulan Real Madrid ketika tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Iraizoz pada pengujung laga. Akan tetapi, Iraizoz tampil cekatan untuk mementahkan bola.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 untuk Real Madrid tetap tidak berubah.

Raihan tiga poin menempatkan Real Madrid ke puncak klasemen dengan koleksi 21 poin, sementara Athletic bertengger di peringkat ke-6 lewat perolehan 15 poin.

Real Madrid 2-1 Athletic Bilbao (Karim Benzema 7', Alvaro Morata 83' ; Sabin Merino 27')

Real Madrid (4-3-3): 1-Keilor Navas; 3-Pepe, 12-Marcelo, 2-Daniel Carvajal, 5-Raphael Varane; 8-Toni Kroos, 22-Isco (17-Lucas Vazquez 65'), 16-Mateo Kovacic; 7-Cristiano Ronaldo, 9-Karim Benzema (21-Alvaro Morata 75'), 11-Gareth Bale

Pelatih: Zinedine Zidane

Athletic Bilbao (4-2-3-1): 1-Gorka Iraizoz; 16-Xabier Etxeita, 25-Enric Saborit (10-Iker Muniain 89'), 4-Aymeric Laporte, 15-Inigo Lekue; 6-Mikel San Jose, 22-Raul Garcia (8-Ander Iturraspe 76'), 17-Mikel Rico, 5-Javier Eraso, 11-Inaki Williams; 19-Sabin Merino (14-Markel Susaeta 78')

Pelatih: Ernesto Valverde

Wasit: Ignacio Iglesias

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com