Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahan Dua Penalti Man City, Kiper Everton Ingin Ditraktir

Kompas.com - 16/10/2016, 07:03 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

Sumber BBC Sport

MANCHESTER, KOMPAS.com - Kiper Everton, Maarten Stekelenburg, tampil heroik saat laga Premier League kontra Manchester City di Stadion Etihad, Sabtu (15/10/2016). Dalam partai itu, dia berhasil menggagalkan dua eksekusi penalti tuan rumah.

Manchester City punya kans unggul lebih dulu pada babak pertama. Pelanggaran yang dilakukan Phil Jagielka terhadap David Silva di kotak terlarang menghasilkan hadiah penalti untuk The Citizens.

De Bruyne ditunjuk sebagai eksekutor. Namun, sepakan De Bruyne ke arah kiri gawang sanggup dimentahkan oleh Stekelenburg.

Aksi ciamik kiper asal Belanda itu berlanjut pada babak kedua, tepatnya menit ke-70. Manchester City kembali mendapatkan tendangan penalti yang lagi-lagi disebabkan oleh Jagielka.

Beruntung bagi Everton, Stekelenburg masih tampil sigap. Ia berhasil menggagalkan eksekusi penalti kedua tuan rumah yang kali ini dijalankan Sergio Aguero.

Dua menit berselang, gawang Stekelenburg akhirnya kebobolan akibat tandukan Nolito.

Pertandingan pun menjadi imbang 1-1 setelah Everton sempat unggul pada menit ke-64 lewat gol Romelu Lukaku.

Meski demikian, Stekelenburg tetap layak diacungi jempol. Seandainya dia tak mampu menggagalkan dua penalti Manchester City, Everton kemungkinan pulang tanpa poin.

Sepanjang laga, Stekelenburg melakukan tujuh penyelamatan. Catatan itu sudah cukup bagi Stekelenburg untuk menjadi Man of the Match versi WhoScored.

"Ketika unggul 1-0, Anda tentu berharap bisa mendapatkan tiga poin. Namun, pada titik seperti ini, Anda harus bersyukur," kata Stekelenburg seusai pertandingan.

"Ini bukan hanya soal berhasil menebak arah tendangan penalti. Lantas, apakah Phil Jagielka bakal mentraktir saya makan malam? Saya akan tanyakan kepadanya," tutur dia berseloroh.

Sebelum Stekelenburg, kiper Watford asal Brasil, Heurelho Gomes, juga pernah menggagalkan dua eksekusi penalti sekaligus dalam satu laga.

Prestasi itu tercipta pada 16 April 2016. Kala itu,  Gomes sanggup menepis dua tendangan penalti pemain West Bromwich Albion, Saido Berahino.

Enam tahun sebelumnya, saat masih membela Tottenham Hotspur, Gomes juga pernah melakukan pencapaian serupa dengan mementahkan dua tendangan penalti striker Sunderland, Darren Bent.

Keberhasilan Gomes itu membuatnya tercatat sebagai kiper pertama Premier League yang bisa menepis dua penalti dalam dua laga berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC Sport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com