Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rooney Menolak Mundur dari Timnas

Kompas.com - 11/10/2016, 12:37 WIB
Anju Christian

Penulis

KOMPAS.com - Wayne Rooney menolak mundur dari tim nasional Inggris. Dia merasa masih mampu berkontribusi meskipun usianya tidak lagi muda.

Rooney menunjukkan grafik menurun dalam beberapa waktu terakhir. Di Manchester United, dia mulai tergusur ke bangku cadangan.

Adapun bersama tim nasional Inggris, Rooney tampil tumpul dengan catatan cuma satu gol dalam tujuh pertandingan terakhir.

Atas penurunan performa Rooney, sejumlah pihak menyarankan mundur sebagai solusi. Salah satu pelempar saran yakni eks kapten Inggris, Alan Shearer.

Hanya, Rooney enggan mengubah keputusan awalnya untuk terus membela negaranya hingga Piala Dunia 2018.

"Setelah musim panas, saya bisa saja mundur dan mengatakan, 'Sudah cukup.' Namun, itu bukanlah ciri saya. Saya masih bisa berkontribusi besar dan telah mengatakannya kepada Gareth Southgate," tutur Rooney.

Rooney pun menunjuk Ryan Giggs sebagai salah satu referensi karier pada usia senja.

Saat memasuki kepala tiga, Giggs mengalami pergeseran posisi menjadi gelandang tengah. Dia juga tidak lagi sering menampilkan akselerasi dan kelihaian menggiring bola seperti pada usia muda.

"Ryan Giggs pada usia 30 tentu tidak sama ketika berusia 18. Namun, dia masih bermain hingga umur 40. Pemain harus meninjau ulang dan bekerja keras untuk melangkah maju," kata Rooney.

"Saya meyakini bisa seperti Giggs dan memberikan kontribusi besar untuk tim," ucap dia.

Hal serupa sebenarnya sudah diterapkan kepada Rooney. Baik di Man United maupun tim nasional Inggris, Rooney bukan lagi seorang striker, melainkan gelandang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com