Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taklukkan Malta, Inggris Pimpin Klasemen Grup F

Kompas.com - 09/10/2016, 00:52 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Inggris berhasil mengalahkan Malta 2-0 pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa di Stadion Wembley, Sabtu (8/10/2016). Inggris pun kini memimpin klasemen Grup F.

Inggris yang baru saja mengalami pergantian pelatih dari Sam Allardyce ke Gareth Southgate, mengemas enam poin dari dua pertandingan.

Sementara itu, Malta menghuni posisi juru kunci klasemen Grup F tanpa memiliki poin. Sebelumnya, mereka kalah 1-5 dari Skotlandia.

Secara keseluruhan, kesenjangan kualitas antara Inggris dan Malta memang terlihat jelas. Statistik menjadi bukti sahihnya.

Sepanjang laga, Inggris sanggup melepaskan 18 tembakan yang 11 di antaranya tepat sasaran. Sementara Malta hanya menorehkan satu peluang.

Serangan Wayne Rooney dkk memang terus mengalir nyaris tanpa henti, sedangkan Malta tampak kesulitan dalam mengembangkan permainannya.

Kendati begitu, Inggris baru bisa membuka keunggulan saat laga memasuki menit ke-29. Gol tersebut diciptakan oleh Daniel Sturridge.

Berawal dari umpan lambung yang dilepaskan oleh Jordan Henderson ke kotak penalti, bola kemudian disundul oleh Sturridge ke tiang jauh.

Suporter Inggris kembali dibuat bersorak gembira pada menit ke-38. Gelandang andalan Tottenham Hotspur, Dele Alli, sukses menambah keunggulan timnya.

Gol Alli tercipta berkat memanfaatkan bola muntah hasil tepisan kiper Malta, Andrew Hogg. Kedudukan 2-0 untuk Inggris bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, tak ada perubahan signifikan. Para pemain Malta masih belum mampu untuk mengimbangi permainan tim asuhan Southgate.

Hingga interval ketiga saja, Malta masih belum bisa mencatatkan tembakan. Mereka hanya bertahan demi menghindari kekalahan besar dari Inggris.

Permainan ulta-defensif yang diperagakan para pemain Malta memang menyulitkan Inggris untuk menggandakan keunggulan.

Para pemain seperti Sturridge, Rooney, Lingard, Theo Walcott, Jamie Vardy, dan Marcus Rashford berupaya membongkar pertahanan Malta.

Akan tetapi, berbagai percobaan yang dilancarkan belum bisa memberikan gol tambahan bagi Inggris. Inggris harus puas dengan kemenangan 2-0 atas Malta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com