Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Betapa Berbahaya Tandukan Gareth Bale

Kompas.com - 22/08/2016, 17:36 WIB
Anju Christian

Penulis

SAN SEBASTIAN, KOMPAS.com - Gareth Bale kembali memamerkan kualitas tandukannya saat Real Madrid menang 3-0 atas Real Sociedad pada partai La Liga di Stadion Anoeta, Minggu (21/8/2016).

Satu dari dua gol Bale dalam laga itu berasal dari kepala. Pada menit kedua, dia melompat di antara dua pemain belakang Sociedad dan menanduk bola ke gawang Geronimo Rulli.

Dengan begitu, kepala Bale sudah menghasilkan 10 gol sejak La Liga 2015-2016. Sociedad pula menjadi korban terakhir gol tandukan Bale di stadion yang sama, 30 April 2016.

Berbekal catatan itu, Bale menjadi pemain dengan gol tandukan terbanyak di lima liga besar Eropa sejak musim lalu.

Cristiano Ronaldo saja tidak mampu menyamai capaian bintang asal Wales itu. Ronaldo cuma mencetak 6 gol tandukan pada La Liga musim lalu dan masih nihil lantaran belum merumput musim ini.

Apabila ditelaah lebih dalam, ada dua faktor di balik lonjakan gol tandukan Bale, yaitu kedatangan Zinedine Zidane dan para pelayan di skuad Real Madrid.

Lima dari 10 gol tandukan Bale tercipta pada era Zidane. Hal itu dimulai saat Zidane melakoni debut melawan Deportivo La Coruna, 9 Januari 2016.

Bale langsung mencuri perhatian dengan mencetak dua gol tandukan sehingga Real Madrid menang 5-0 di Stadion Santiago Bernabeu.

Dari lima gol tersebut, empat di antaranya tercipta berkat assist Carvajal dan Toni Kroos. Nama terakhir memiliki peran lebih menonjol.

Sebagai eksekutor bola mati, Kroos memang sering melepaskan umpan lambung akurat ke kotak penalti. Dia juga menyumbang assist untuk dua gol tandukan Ronaldo.

Berkat Zidane dan servis Kroos, Bale pun telah menambah satu elemen penting untuk menyejajarkan dirinya dengan Ronaldo. Tidaklah mengherankan apabila Zidane memprediksi, Bale bakal menjadi penentu perjalanan Real Madrid pada musim 2016-2017.

"Saya tidak suka berbicara tentang pemain tertentu. Namun, Bale mencetak dua gol. Musim ini bakal menjadi penting untuk dia," kata Zidane setelah partai kontra Sociedad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com