Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Kejutan dalam 10 Besar Kandidat Pemain Terbaik Eropa 2016

Kompas.com - 18/07/2016, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Badan tertinggi sepak bola Eropa, UEFA, menerbitkan daftar 10 besar kandidat peraih anugerah UEFA Best Player in Europe Award 2016. Anugerah itu diberikan kepada pesepak bola asal klub Eropa dengan kinerja terbaik bersama klub bersangkutan dan tim nasional masing-masing sepanjang 2015-2016.

Pemenang gelar ini lahir berdasarkan hasil jajak pendapat yang melibatkan jurnalis dari 55 negara anggota UEFA. Pada Senin (18/7/2016), sebanyak 10 nomine unggulan telah diterbitkan. Tak banyak kejutan yang muncul.

Bintang seperti Cristiano Ronaldo (Real Madrid, timnas Portugal), Lionel Messi (FC Barcelona, Argentina), atau Manuel Neuer (Bayern Muenchen, Jerman) tercantum dalam 10 besar finalis Pemain Terbaik Eropa 2016. Mereka ialah pilihan top dari total 37 nama yang diambil untuk melalui proses jajak pendapat.

Setelah melalui tahap voting selanjutnya, pemenang akan diumumkan pada momen undian fase grup Liga Champions 2016-2017 di Monako, 25 Agustus.

UEFA Best Player in Europe Award seperti ajang 'pembukaan' menuju anugerah tertinggi, FIFA Ballon d'Or atau Pemain Terbaik Dunia, yang diumumkan setelah pergantian tahun. Sejak pertama digelar untuk musim 2010-2011, gelar UEFA Best Player in Europe didominasi oleh Messi.

Megabintang Barcelona itu meraihnya dua kali (2011, 2015), diikuti masing-masing satu gelar milik Ronaldo (2014), Andres Iniesta (2012), dan Franck Ribery (2013).

Penganugerahan ini merupakan upaya UEFA menghidupkan kembali ajang apresiasi buat Pemain Terbaik Eropa yang pernah diterapkan lewat format lama Ballon d'Or, yang digagas oleh majalah France Football.

Sejak 2010, Ballon d'Or melebur dengan anugerah Pemain Terbaik Dunia versi FIFA menjadi FIFA Ballon d'Or. Seperti format yang lama, UEFA Best Player in Europe juga menggunakan jajak pendapat berdasarkan opini para wartawan. (Beri Bagja)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com