Jumat, 24 Maret 2017

Bola / Liga Lain

Sepak Bola Thailand di Mata Pemain Jepang

KARIM JAAFAR/AFP Pemain belakang Jepang, Daiki Iwamasa, melakoni duel udara saat melawan Arab Saudi pada partai Piala Asia Grup B di Stadion Al-Rayyan, 17 Januari 2011.

KOMPAS.com - Thailand kerap menjadi destinasi karier untuk beberapa pesepak bola Jepang. Salah satunya adalah Daiki Iwamasa yang membela BEC Tero Sasana pada 2014.

Bersama Tero Sasana, pemain belakang berusia 34 tahun itu melakoni 37 pertandingan dan mencetak lima gol.

Daiki juga berjasa mengantarkan Tero Sasana menjuarai Thai League Cup. Dia mencetak satu dari dua gol timnya ke gawang Buriram United pada partai final, 12 Oktober 2014.

Meski telah kembali ke Jepang, Daiki mengaku masih memantau perkembangan sepak bola Thailand. Maklum, dia mendapatkan sejumlah kesan positif di sana.

"Orang-orang di Thailand sangat bersahabat, baik, dan jujur," tutur Daiki dalam program program "This Is J.LEAGUE".

Daiki turut memendam harapan agar para pesepak bola Thailand bisa mencicipi karier di Jepang.

Ada sekitar 30 pesepak bola Jepang bermain di Thailand. Namun, belum ada satu pun pemain Thailand merumput di Jepang.

"Jika siap untuk menantang diri sendiri, mereka harus datang ke Jepang," kata Daiki.

Salah satu pemain Thailand yang diharapkan bisa bermain di Jepang adalah Chanathip Songkrasin. Dia masuk tim nasional Thailand yang meraih medali emas SEA Games 2013 dan 2015.

"Chanathip adalah pemimpin dari generasi baru Thailand. Dia ingin datang ke Jepang, tetapi belum ada kesempatan. Saya berharap dia bisa menemukan jalan," ucap Daiki.

Kini, Daiki telah kembali ke Jepang dengan memperkuat kontestan J2, Fagiano Okayama. Timnya tengah menempati posisi keempat klasemen atau berpeluang promosi ke J1.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Anju Christian
Editor : Jalu Wisnu Wirajati