Rabu, 29 Maret 2017

Bola / Internasional

Ikuti Jejak Messi, Sejumlah Pemain Argentina Bakal Pensiun

NELSON ALMEIDA/AFP Lionel Messi tertegun seusai Argentina kalah dari Cile pada final Copa America Centenario, Minggu (26/6/2016).

EAST RUTHERFORD, KOMPAS.com - Sergio Aguero mengungkapkan bahwa sejumlah pemain Argentina lainnya juga berencana mengikuti jejak Lionel Messi pensiun dari tim nasional.

Messi memutuskan mundur dari gelanggang internasional seusai kembali gagal pada partai final. Terbaru, Tim Tango - julukan Argentina kalah adu penalti dari Cile pada final Copa America Centenario, Minggu (26/6/2016). 

Kekalahan ini cukup menyakitkan. Argentina tampil apik sepanjang turnamen bahkan sempat mengalahkan Cile pada fase grup. 

Tim Tango memenangi ketiga laga fase grup, mencetak 10 gol dan hanya kebobolan sekali.

Di perempat final, mereka menundukkan Venezuela 4-1. Berikutnya, Amerika Serikat, sang tuan rumah, jadi korban kekalahan 0-4 di babak semifinal.

Akan tetapi, dewi fortuna tak menaungi Argentina di laga final. Mereka ternyata kalah lagi dari Cile melalui drama adu penalti, sama seperti halnya pada final Copa America 2015.

Seusai laga tersebut, Messi yang gagal menjadi eksekutor penalti, langsung memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Argentina.

"Waktu saya di tim nasional sudah berakhir. Setelah kekalahan pada empat turnamen final, saya berpikir tim nasional bukan untuk saya," kata Messi kepada TYC sports.

Keputusan Messi tersebut cukup mengejutkan. Pasalnya, sebagai seorang pesepak bola, usianya belum tergolong veteran, yakni baru 29 tahun.

Menurut penuturan Aguero, pensiunnya Messi dari tim nasional kemungkinan besar juga akan diikuti oleh sejumlah pemain Argentina lainnya.

"Ada beberapa pemain yang akan mengevaluasi rencananya untuk tidak melanjutkan kiprahnya dengan tim nasional," ujar Aguero, seperti dilansir dari Eurosport.

Menurut informasi yang beredar, pemain Argentina yang turut merencanakan pensiun dari tim nasional di antaranya Lucas Biglia (Lazio), Javier Mascherano (FC Barcelona), Gonzalo Higuain (Napoli), Angel Di Maria (Paris Saint-Germain), dan Ezequiel Lavezzi (Hebei China Fortune).

Kekalahan dari Cile di Copa America Centenario menjadi kegagalan ketiga Argentina di laga final. Sebelumnya, Messi dkk juga kalah di final Piala Dunia 2014 dan Copa America 2015.

 

Kompas TV Copa America Centenario, Tersukses Sepanjang Sejarah

 



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Nugyasa Laksamana
Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber: Eurosport,