Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Kesepakatan Baru dengan Nike, Barcelona Salip Man United

Kompas.com - 22/05/2016, 07:32 WIB
Anju Christian

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Barcelona meraup keuntungan besar seiring perpanjangan durasi kontrak dengan Nike. Bahkan, nilai kerja sama kedua belah pihak melampui ikatan antara Manchester United dan Adidas.

Sebelumnya, Manchester United berstatus sebagai klub sepak bola dengan nilai kontrak apparel terbesar di dunia. Adidas mengalirkan 96 juta euro (sekitar Rp 1,46 triliun) per tahun ke kas klub berjulukan Setan Merah.

Adapun menurut Diario Sport dan El Mundo Deportivo, Barcelona akan menerima antara 105 juta euro (sekitar Rp 1,6 triliun) hingga 155 juta euro (sekitar Rp 2,3 triliun) per musim dari Nike. Kerja sama kedua belah pihak berlangsung hingga 30 Juni 2026.

Dibandingkan dengan nilai sebelumnya, kesepakatan ini menunjukkan lonjakan besar. Barcelona "cuma" menerima sekitar 54 juta euro per musim sejak 2008.

Barcelona dan Nike sudah menjalin bekerja sama sejak 1998. Total empat trofi Liga Champions, sepuluh titel liga, dan empat Copa del Rey mewarnai kebersamaan mereka.

Diharapkan Presiden Josep Bartomeu, rentetan prestasi kembali menghiasi kerja sama kedua belah pihak ke depannya.

"Kami bersikap antusias dengan kesepakatan baru dan meyakini bisa merayakan kesuksesan olahraga bersama," kata Bartomeu seperti dilansir situs resmi klub, Jumat (20/5/2016).

Berikutnya, Barcelona akan melawan Sevilla pada final Copa del Rey di Stadion Vicente Calderon, Minggu (22/5/2016). Untuk laga ini, Barcelona akan menggunakan kostum spesial.

Tidak ada lencana juara dunia di bagian dada. Sebagai gantinya, mereka menyertakan lambang Copa del Rey plus teks yang berisikan tanggal dan tempat pertandingan.

Berikut ini adalah deretan klub dengan nilai kontrak apparel terbesar:

1. FC Barcelona (Nike): 105-155 juta euro
2. Manchester United (Adidas): 96 juta euro
3. Bayern Muenchen (Adidas): 80 juta euro
4. Chelsea (Nike, terhitung 2017): 77,5 juta euro
5. Real Madrid (Adidas): 40 juta euro
6. Arsenal (Puma): 39 juta euro
7. Liverpool (New Balance): 32 juta euro
8. Juventus (Adidas): 26 juta euro
9. AC Milan (Adidas): 23 juta euro
10. Paris Saint-Germain (Nike): 23 juta euro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com