Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajaran "Kuda Hitam" untuk Timnas Inggris

Kompas.com - 17/05/2016, 14:06 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Inggris, Roy Hodgson, meminta anak-anak asuhnya untuk bermimpi menjuarai Piala Eropa 2016. Dia menunjuk kesuksesan sejumlah kuda hitam, salah satunya Leicester City, sebagai referensi.

Inggris bukanlah tim unggulan apabila menilik keikutsertaan pada sejumlah turnamen terakhir. Kali terakhir mereka menembus babak semifinal yakni pada Piala Eropa 2016.

Hodgson tidak lantas bersikap pesimistis. Apalagi, ada banyak kasus tim "kuda hitam" justru menjuarai kejuaraan, termasuk Leicester pada Premier League 2015-2016.

"Sudah terjadi pada masa lalu. Tidak seorang pun mengira Denmark menjuarai Piala Eropa 1992, Yunani berjaya di Piala Eropa, atau Leicester memenangi liga. Kami harus memiliki harapan tersebut," kata Hodgson.

Tidak sulit bagi Inggris untuk menyerap semangat Leicester. Hodgson turut memanggil Jamie Vardy dan Danny Drinkwater dari klub berjulukan The Foxes itu.

Juara Aksi-aksi Terbaik Musim ini

Kans juga terbuka menilik performa Inggris pada kualifikasi. Mereka mencatat rekor dengan selalu memenangi pertandingan pada fase tersebut.

Menurut Hodgson, rentetan kemenangan tersebut bisa menjadi modal untuk anak-anak asuhnya mengarungi turnamen.

Pria berusia 68 tahun itu menuturkan, "Kami harus bermain sangat baik seperti beberapa pertandingan terakhir. Setelah itu, entah di mana kami berakhir."

Di turnamen nanti, Inggris tergabung dengan Rusia, Wales, dan Slovakia di Grup B. Sebelumnya, mereka memiliki dua jadwal uji coba melawan Turki dan Australia.

Juara Chelsea 1-1 Leicester: Guard of Honour The Blues

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com