Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Grup Neraka pada Olimpiade 2016

Kompas.com - 15/04/2016, 01:57 WIB

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Tuan rumah Olimpiade 2016, Brasil, telah menggelar undian grup cabang sepak bola untuk event empat tahunan tersebut yang berlangsung di Rio de Janeiro. Tak ada grup neraka dari hasil undian itu.

Untuk kategori pria, tuan rumah tergabung di Grup A bersama dengan Afrika Selatan, Irak, dan Denmark. Brasil akan melakoni laga pembuka pada 4 Agustus 2016 atau satu hari sebelum Olimpiade 2016 resmi dibuka, menghadapi Afrika Selatan.

Sedangkan tim juara bertahan, Meksiko, tergabung dalam Grup C bersama Jerman, Fiji, dan wakil terbaik Asia pada perhelatan terakhir di London 2012, Korea Selatan. Hasil undian ini membuat peluang Korsel mengulangi prestasi mereka pada edisi lalu sebagai peraih medali perunggu sangat sulit.

Sedangkan, wakil terbaik lainnya dari Asia, Jepang, bergabung dengan Nigeria, Swedia, dan Kolombia di Grup B. Di Grup D, tim favorit juara, Argentina, akan bertarung dengan Portugal, Aljazair, dan Honduras.

Cabang sepak bola ini akan digelar di enam kota berbeda. Laga pembuka antara Brasil menghadapi Afrika Selatan akan digelar di Ibu Kota Brasilia.

Setiap tim memiliki hak untuk memainkan tiga pemain yang berusia di atas 23 tahun. Beberapa bintang besar pun telah menyatakan harapannya bisa bermain pada Olimpiade ini, termasuk Neymar Junior bersama Brasil.

Dari Hasil undian ini, mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho, angkat bicara soal peluang negaranya menjadi yang terbaik.

"Semua tim akan sangat sulit untuk dihadapi, tetapi kami sangat yakin dan berharap Brasil bisa merebut medali emas," kata Ronaldinho dikutip dari Sky Sports.

Sementara itu untuk kategori wanita, Brasil akan menghadapi Swedia, China, dan Afrika Selatan di Grup E. Brasil akan menghadapi China pada pertandingan pembukaan di Stadion Olimpiade Rio pada 3 Agustus 2016.

Di Grup F, Jerman akan ditantang Kanada, Zimbabwe, dan Australia. Sedangkan di Grup G, Amerika Serikat akan menghadapi Prancis, Selandia Baru, dan Kolombia. (Verdi Hendrawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber JUARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com