Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Merah Trio BBC pada "El Clasico"

Kompas.com - 30/03/2016, 18:37 WIB
Anju Christian

Penulis

KOMPAS.com - Karim Benzema, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo diprediksi menghuni lini depan Real Madrid untuk partai kontra Barcelona pada lanjutan La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (4/2/2016).

Akan tetapi, komposisi yang sering disebut trio BBC itu, bukanlah jaminan. Saat ketiganya diturunkan sebagai starter bersamaan pada El Clasico, Los Blancos justru selalu kalah.

Sejak Bale bergabung pada musim panas 2013, Madrid menjalani enam partai melawan Barcelona. Ada dua kemenangan yang diraih Madrid, tetapi itu terjadi saat trio BBC tidak tampil bersama.

Bale mengalami cedera saat Madrid menang 3-1 pada partai La Liga di Stadion Camp Nou, 25 Oktober 2014. Adapun saat Los Blancos memenangi partai final Copa del Rey, 16 April 2014, Cristiano Ronaldo tidak masuk skuad.

Kehadiran trio BBC juga membuat pertahanan lebih rapuh. Dalam tiga partai El Clasico ketika mereka diturunkan bersama, Madrid mengalami kemasukan 10 gol.

Bandingkan dengan saat trio BBC tidak tampil berbarengan, Madrid cuma menderita empat gol.

Berikut ini adalah tiga partai El Clasico ketika trio BBC diturunkan bersama:

23 Maret 2014: Real Madrid 3-4 Barcelona

Dengan kehadiran Benzema, Bale, dan Ronaldo, Madrid sebenanrnya mampu mengimbangi Barcelona. Mereka sempat unggul 3-2 hingga 25 menit terakhir.

Akan tetapi, kartu merah untuk Sergio Ramos mengubah pertandingan. Carlo Ancelotti yang menjabat sebagai pelatih, terpaksa menarik Karim Benzema. Barcelona pun mencetak dua gol tambahan lewat Lionel Messi sehingga skor berbalik.

22 Maret 2015: Barcelona 2-1 Real Madrid

Kombinasi Ronaldo dan Benzema sempat membuahkan gol penyeimbang pada menit ke-31. Namun, Madrid melempem pada babak kedua sehingga Barcelona kembali unggul lewat Luis Suarez.

21 November 2015: Real Madrid 0-4 Barcelona

Benzema, Bale, dan Ronaldo diturunkan selama 90 menit, tetapi gagal memberikan ancaman berarti kepada Claudio Bravo. Ini menjadi kekalahan kandang terburuk Los Blancos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com