Suporter Dortmund Tewas di Stadion karena Serangan Jantung - Kompas.com

Suporter Dortmund Tewas di Stadion karena Serangan Jantung

Nugyasa Laksamana
Kompas.com - 14/03/2016, 09:23 WIB
SASCHA SCHUERMANN/AFP Para pemain Borussia Dortmund berdiri sejajar untuk menghormati salah satu suporter yang meninggal dunia akibat serangan jantung, saat laga Bundesliga kontra Mainz 05 di Stadion Signal Iduna Park, Minggu (13/3/2016).

DORTMUND, KOMPAS.com - Kemenangan Borussia Dortmund atas Mainz 05 di Stadion Signal Iduna Park, Minggu (13/3/2016), diwarnai kabar duka. Seorang suporter tuan rumah tewas karena serangan jantung saat laga sedang berlangsung.

Pada laga tersebut, Dortmund meraih kemenangan 2-0 berkat gol yang dicetak oleh Marco Reus (30') dan Shinji Kagawa (73'). Namun, terjadi hal yang tak lazim saat babak kedua.

Puluhan ribu penonton di stadion yang biasanya bersuara riuh dan bising, kali ini terdiam. Para pemain yang tampil di lapangan pun merasa bingung dengan sikap para suporter.

Rupanya, suporter melakukan semacam mengheningkan cipta untuk menghormati seorang pendukung Dortmund berusia 80 tahun yang tewas karena serangan jantung.

"Kami para pemain tidak tahu apa yang sedang terjadi. Awalnya kami agak jengkel dengan sikap diam para suporter," ujar Reus seusai laga, seperti dikutip dari Sky Sports.

SASCHA SCHUERMANN/AFP Para suporter Borussia Dortmund membentangkan syal mereka untuk menghormati salah seorang dari mereka yang meninggal akibat serangan jantung, Minggu (13/3/2016).
"Namun, setelah pertandingan selesai, pelatih kami, Thomas Tuchel, datang dan menjelaskan kepada kami. Tentunya itu menyisakan bayangan kelam. Namun, saya memuji sikap para suporter," ucapnya.

Setelah peluit panjang tanda laga usai dibunyikan, para pendukung Dortmund di stadion langsung bersama-sama menyanyikan lagu klub berjudul "You'll Never Walk Alone".

Sikap yang ditunjukkan oleh para suporter Dortmund mengundang pujian juga dari Presiden Interim Asosiasi Sepak Bola Jerman, Reinhard Rauball.

"Saya tak pernah mengalami hal semacam itu, ketika para pendukung bersatu dalam mengekspresikan kesedihan dan rasa hormat mereka," kata Reinhard.

Sebenarnya ada suporter lain yang kabarnya juga mengalami serangan jantung. Akan tetapi, suporter tersebut masih dapat diselamatkan ke rumah sakit.

SASCHA SCHUERMANN/AFP Pengumuman yang ditampilkan di layar raksasa stadion mengenai tewasnya seorang suporter Borussia Dortmund.

PenulisNugyasa Laksamana
EditorJalu Wisnu Wirajati
SumberSky Sports,
Komentar