Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Poin Hasil Pertemuan Presiden, Menpora, dan Tim Ad Hoc

Kompas.com - 25/02/2016, 03:11 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

Sumber Kemenpora
JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, dan Ketua Tim Ad Hoc PSSI Agum Gumelar, telah melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (24/2/2016) sore WIB.

Setelah agenda tersebut, Menpora pun menyatakan dalam waktu dua hari ke depan akan mengkaji seluruh aspek untuk rencana pencabutan Surat Pembekuan PSSI.

Kepastian itu disampaikan oleh Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto. Menurut Gatot, ada beberapa hal yang dihasilkan dari pertemuan tersebut.

Berikut adalah keputusan Menpora yang terbagi menjadi delapan poin, yang dikutip dari situs kemenpora.go.id.

Pertama: Pertemuan tersebut berjalan dengan suasana kekeluargaan yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Kedua: Wapres Jusuf Kalla dan Agum Gumelar menjelaskan standing point masing-masing tentang tujuan reformasi dan kelanjutan survival PSSI bagi kepentingan berbagai event internasional.

Ketiga: Setelah tidak terlalu lama saling berdiskusi kurang lebih dari pukul 17.00-17.40 WIB, Presiden memberikan arahan kepada Menpora untuk dalam satu dua hari ini mengkaji semua kemungkinan rencana terhadap pencabutan surat pembekuan terhadap PSSI.

Keempat: Atas instruksi tersebut, Menpora langsung menyanggupi untuk langsung mengkaji rencana pencabutan pembekuan dan segera melaporkan kepada Presiden.

Kelima: Menpora akan mengkaji dari berbagai aspek dan juga tetap mengedepankan esensi reformasi atau pembenahan tata kelola sepakbola nasional.

Keenam: Seandainya pilihan pencabutan surat pembekuan tersebut diambil, pemerintah tetap akan menyertakan sejumlah persyaratan. Persyaratan tersebut terdapat pada poin ketujuh.

Ketujuh: Kesepakatan Kongres Luar Biasa (KLB) telah disepakati Ketua Tim Ad Hoc selama satu tahun. Namun, Menpora dalam rencana kajiannya akan meminta waktu enam bulan.

Kedelapan: Dalam proses pengkajian, apapun hasilnya nanti tidak terkait dengan masalah menang atau kalah, tetapi demi kepentingan sepakbola yang lebih baik. Khususnya menghadapi Sea Games 2017 dan Asian Games 2018 selaku Indonesia sebagai tuan rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kemenpora
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com