Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancaman Virus Zika pada Laga Brasil Vs Uruguay

Kompas.com - 12/02/2016, 08:56 WIB


BARCELONA, KOMPAS.com
- Virus Zika jadi ancaman laga Pra-Piala Dunia 2018 antara Brasil dan Uruguay pada 25 Maret mendatang.

Efek virus Zika yang menjadi perhatian dunia internasional ikut mengancam dua bintang Barcelona, Neymar dan Luis Suarez. Mereka bakal mendatangi "markas" epidemi yang terus meluas secara global tersebut.

Neymar dan Luis Suarez akan tampil membela negara masing-masing dalam ajang PPD 2018 di Stadion Arena Pernambuco, Recife, Brasil, pada 25 Maret. Laga itu menjadi pusat perhatian karena digelar di Recife, salah satu lokasi pusat ledakan penyebaran virus Zika.

Pertandingan tersebut krusial karena mempertemukan tim yang berada berurutan di posisi kedua (Uruguay) dan ketiga (Brasil) pada klasemen Kualifikasi PD 2018 Zona Conmebol.

Partai itu juga penting karena menjadi momen kembalinya Suarez membela Uruguay di level internasional setelah menjalani sanksi larangan bertanding.

Eks penyerang Liverpool itu dihukum larangan bermain sembilan laga di timnas akibat gigitannya terhadap bek Italia, Giorgio Chiellini, dalam partai fase grup Piala Dunia 2014.

Virus Zika tersebar melalui gigitan nyamuk. Diberitakan Sport, Kota Recife disebut sebagai lokasi populer buat hewan itu berkembang lantaran posisinya sebagai muara sungai-sungai besar di Brasil.

Gejala penyakit yang disebabkan virus ini antara lain panas tinggi, gangguan mata yang akut, serta pegal-pegal pada sendi.

Pada tahap lebih gawat, virus ini semakin berbahaya jika menjangkit wanita hamil karena diduga menyebabkan kelainan otak pada bayi. (Beri Bagja)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com