Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zinedine Zidane Punya Asisten Siluman

Kompas.com - 16/01/2016, 07:51 WIB
Anju Christian

Penulis

MADRID, KOMPAS.com - Real Madrid tengah disorot karena status David Bettoni di tim utama. Orang kepercayaan Zinedine Zidane ini ternyata tidak memiliki lisensi UEFA Pro sebagai salah satu syarat melatih di liga kasta tertinggi di Eropa.

Ini dikonfirmasi oleh Komite Teknik Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) kepada AS. Bettoni hanya mengantongi lisensi UEFA A.

Sebagai konsekuensi, Bettoni tidak diizinkan memberikan instruksi di pinggir lapangan selama pertandingan resmi.

Madrid coba mengklarifikasi status Bettoni melalui pernyataan resmi, Jumat (15/1/2016). Diklaim Los Blancos, dia tidak menjabat sebagai asisten pelatih, melainkan hanya pelatih teknik.

"Seperti yang dikatakan pada konferensi pers, 5 Januari 2016, Zinedine Zidane tidak memiliki asisten pelatih," bunyi pernyataan Madrid.

Baca juga: Zinedine Zidane, Manusia Setengah Dewa

Akan tetapi, fakta berkata lain. Bettoni melanggar batasan saat Madrid mengalahkan Deportivo La Coruna dengan skor 5-0, 9 Januari 2016.

Menurut foto yang dirilis El Mundo Deportivo, Bettoni memberikan instruksi kepada Jese Rodriguez sebelum menggantikan Gareth Bale pada menit ke-73.

Dok. El Mundo Deportivo David Bettoni memberikan instruksi kepada Jese Rodriguez saat Real Madrid melawan Deportivo La Coruna pada lanjutan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, 9 Januari 2016.

Bettoni sendiri merupakan teman dekat Zidane sejak keduanya bermain untuk Cannes. Mereka berduet sebagai pelatih dan asisten pelatih di Real Madrid B dari Agustus 2014 hingga Januari 2016.

Saat Zidane dipromosikan menjadi pelatih tim utama, Bettoni turut dibawa. Di situs resmi Madrid, pria berusia 44 tahun ini tercatat sebagai asisten pelatih bersama Hamidou Msaidie.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com