Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guardiola Bawa United Juara Premier League 3 Kali

Kompas.com - 09/01/2016, 14:31 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber Squawka

KOMPAS.com - Josep Guardiola mampu membawa Manchester United menjuarai Premier League tiga musim beruntun. Ini mengacu pada simulasi lewat permainan Football Manager 2016.

Guardiola telah mengutarakan niatnya untuk berkarier di Premier League setelah meninggalkan kontraknya bersama Bayern Muenchen berakhir pada 30 Juni 2016.

Untuk mengetahui peruntungan Guardiola, situs Squawka melakukan simulasi dengan empat klub, yaitu Manchester United, Manchester City, Chelsea, dan Arsenal. Simulasi berjalan selama tiga musim kompetisi dimulai dari 2016-2017.

Baca juga: Superkomputer Prediksi Klasemen Akhir Liga Inggris 2015-2016

Hasilnya, Guardiola meraih tiga trofi bersama United dan Chelsea. Adapun perjalanan perjalanan Guardiola bersama City dan Arsenal hanya dihiasi masing-masing satu gelar.

Berikut ini adalah kiprah Guardiola bersama empat klub Premier League berdasarkan simulasi Football Manager:

Arsenal

Guardiola menjadi Manajer Arsenal untuk menggantikan Arsene Wenger yang dipromosikan menjadi Direktur Sepak Bola. Dia pun mengubah formasi The Gunners menjadi 4-1-4-1.

Pria berkebangsaan Spanyol ini juga mengutak-atik komposisi tim pada pasar transfer. Arsenal mengakuisisi Alvaro Morata dari Juventus dengan mahar 20,5 juta poundsterling dan Antoine Griezmann dengan harga 45 juta poundsterling.

Hasilnya bisa dibilang mengecewakan. Arsenal gagal menjuarai Premier League dalam tiga musim. Pada ajang Liga Champions, Arsenal cuma bisa mencapai babak semifinal sebelum disingkirkan Bayern.

Perjalanan Guardiola selama tiga tahun hanya diwarnai satu gelar Piala Capital One.

Chelsea

Kiprah Guardiola bersama Chelsea tak diwarnai transfer besar. Dalam tiga musim, rekrutan termahal The Blues adalah Daniele Rugani, yang ditebus dengan mahar 30 juta poundsterling pada musim panas 2016.

Meski begitu, dia selalu menyumbang gelar setiap musim. Chelsea menjuarai Premier League pada musim 2016-2017 dan 2018-2019. Mereka juga sempat memenangi Piala FA pada 2017-2018.


Manchester City

Tanpa melakukan transfer, Guardiola langsung membawa Manchester City sebagai juara Premier League 2016-2017. Kesuksesan ini tak lepas dari aksi impresif Sergio Aguero dan Kevin De Bruyne.

Halaman:
Sumber Squawka


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com