Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Iniesta Idola Saya dan Messi Pemain Terbaik Dunia"

Kompas.com - 08/01/2016, 19:21 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Gelandang Barcelona, Arda Turan, mengidolakan rekan setimnya, Andres Iniesta. Turan juga menyebut Lionel Messi sebagai pemain terbaik yang pernah diketahuinya.

Turan akhirnya mencatatkan debutnya bersama Barcelona saat laga Copa del Rey kontra Espanyol di Stadion Camp Nou, Rabu (6/1/2016). Pada laga itu, El Barca menang 4-1.

Pemain asal Turki itu pun mengaku bangga bisa berseragam Barcelona, terlebih dia bermain bersama idolanya, Iniesta.

"Idola saya sepanjang masa adalah Iniesta," ujar Turan kepada Radio Catalunya, Jumat (8/1/2016).

"Terkadang orang-orang berpikir saya hanyalah tiga tahun lebih muda dari dia, tetapi saya akui, Iniesta adalah titik acuan saya. Saya membuat keputusan yang tepat bergabung ke Barcelona untuk bermain bersamanya," lanjut pemain 28 tahun itu.

Turan pun mengaku sering mendapatkan kritik karena tidak mencetak banyak gol. Namun, Turan ingin membuktikan bahwa seorang pemain bisa berkontribusi besar untuk tim tanpa dilihat dari torehan golnya, seperti yang telah dilakukan Iniesta.

"Saya kerap mendapatkan kritik karena tak mencetak banyak gol, tetapi saya selalu katakan bahwa Iniesta adalah teladan. Apa yang dilakukannya di lapangan adalah seni, dan Anda tak bisa hanya melihat dari sisi jumlah golnya," tutur Turan.

Pada kesempatan itu, Turan juga melayangkan pujian kepada Messi. Turan berpendapat bahwa pria asal Argentina itu adalah pemain terbaik dunia.

"Messi adalah pemain terbaik yang pernah ada, dan setelah itu ada Neymar. Namun, Messi itu seperti bukan berasal dari dunia ini," kata Turan menjelaskan.

"Messi sangat pintar, baik di dalam maupun luar lapangan. Dia bisa memberikan lelucon hanya dalam beberapa kata. Menurut saya, kata-kata yang lebih sedikit itu lebih baik."

Turan diboyong Barcelona dari Atletico Madrid pada musim panas 2015 dengan biaya sebesar 34 juta euro.

Namun, dia baru bisa dimainkan pada paruh musim kedua karena FIFA sempat menjatuhkan larangan transfer pemain kepada Barcelona selama 14 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com