Rabu, 29 Maret 2017

Bola / Liga Indonesia

FIFA Restui Pemerintah Masuk Tim "Ad Hoc"

FABRICE COFFRINI / AFP Logo FIFA di atap markas badan sepak bola dunia di Zurich, Swiss, Rabu (27/5/2015).

ZURICH, KOMPAS.com - FIFA mendukung keikutsertaan pemerintah dalam tim ad hoc Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI). Hal itu tertuang dalam pernyataan resmi FIFA, Kamis (3/12/2015).

Rencana pembentukan tim ad hoc sudah mencuat sejak kunjungan rombongan FIFA dan AFC ke Jakarta pada awal November 2015. Mereka sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi ketika itu.

Akan tetapi, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memilih fokus dengan Tim Kecil dengan alasan belum ada instruksi tertulis dari FIFA terkait tim ad hoc. Baru setelah rapat Komite Eksekutif, Kamis, FIFA memberikan restu keterlibatan pemerintah.

"Mendukung rekomendasi untuk membentuk komite ad hoc reformasi bagi Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), di mana Pemerintah Indonesia harus berpartisipasi," bunyi pernyataan FIFA.

Nantinya, tim ad hoc bertugas untuk menyelesaikan kisruh sepak bola nasional. Dengan harapan, FIFA bisa mencabut sanksi Indonesia yang berlangsung sejak 30 Mei 2015.

Untuk tim ad hoc, Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) telah menunjuk Bambang Pamungkas sebagai wakil.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Anju Christian
Editor : Aloysius Gonsaga AE
Sumber: FIFA,