Jumat, 24 Maret 2017

Bola / Liga Lain

Gamba Osaka Berpeluang Pertahankan Gelar

Dok. J League Gamba Osaka melangkah ke final J1 League 2015 setelah menang 3-1 atas Urawa Red di Saitama, Sabtu (28/11/2015).


TOKYO
, KOMPAS.com
- Gamba Osaka berpeluang mempertahankan gelar juara Meiji Yasuda J1 League atau kasta tertinggi Liga Jepang setelah melangkah ke final dengan menyisihkan Urawa Red Diamonds pada play-off, Sabtu (28/11/2015).

Pada pertandingan di di Stadion Saitama itu, Gamba Osaka menang 3-1 atas tuan rumah melalui perpanjangan waktu. Perpanjangan waktu dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama 90 menit.

Gamba Osaka unggul lebih dulu pada menit ke-47 melalui Yasuyuki Konno. Namun, Urawa Red bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-72 lewat sundulan Ryota Moriwaki.

Memasuki menit ke-117, Urawa Red nyaris unggul 2-1 ketika usaha bek Gamba Osaka, Daiki Niwa, membuang bola justru mengelabui kiper Masaaki Higashiguchi.

Untung bagi Gamba Osaka, bola hanya mengenai tiang. Lalu, lewat sentuhan balik cepat, cuma 5 sentuhan, tendangan voli Hiroki Fujiharu justru membuat tim tamu kembali unggul 2-1.

Striker asal Brasil, Patric, menegaskan kemenangan Gamba Osaka menjadi 3-1 pada pengujung laga. Juara J1 League 2015 itu pun melangkah ke final dan menantang Sanfrece Hiroshima.

Sanfrece melangkah ke final langsung setelah menjadi pendulang poin terbanyak pada liga putaran pertama dan kedua. Juara Jepang 2012 dan 2013 mengumpulkan 74 poin, unggul 2 angka atas Urawa Red di posisi kedua.

Format J1 League musim ini memang diubah. Tim pendulang poin terbanyak dari dua putaran liga berhak melaju langsung ke putaran final. Dua tim dengan peringkat kedua dan ketiga terbaik klasemen keseluruhan akan memperebutkan satu tiket ke laga puncak.

Putaran final J1 League akan dilangsungkan dengan sistem kandang-tandang. Gamba Osaka akan menjadi tuan rumah terlebih dulu di Osaka Expo 70 pada 2 Desember, lalu final kedua dilangsungkan di Hiroshima Big Arc, tiga hari berselang.

Juara J1 League 2015 akan menjadi wakil Jepang di Piala Dunia Antarklub. Tim tersebut akan ditantang Juara Oseania, Auckland City, pada 10 Desember di Yokohama.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Jalu Wisnu Wirajati