Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Felipe Luis Kritik Komunikasi Publik Mourinho

Kompas.com - 13/11/2015, 16:37 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber ESPN Asia

KOMPAS.com - Mantan pemain belakang Chelsea, Felipe Luis, mengkritik komunikasi publik Jose Mourinho. Menurut pemain yang membela Atletico Madrid ini, kata-kata Mourinho di media terkadang merusak mental sebagian pemain The Blues.

Seiring dengan performa buruk Chelsea pada musim 2015-16, Mourinho memang kerap mengkritik pemainnya secara terbuka. Salah satunya adalah Eden Hazard, yang dianggap minim kontribusi terhadap pertahanan.

Luis sendiri pernah bekerja dengan Mourinho pada musim 2014-15. Berdasarkan pengalamannya, dia menilai pendekatan Mourinho terkadang menjadi bumerang terhadap tim.

"Dia memiliki gaya khas ketika bicara kepada media, terutama saat tim kalah. Ini kadang bisa merusak mental pemain tertentu. Beberapa pemain mungkin mendapatkan efek positif dari kritik, tetapi sebagian lainnya tidak," tutur Luis.

Saat Chelsea kalah, kritik Mourinho tidak cuma tertuju kepada pemain, tetapi juga wasit. Arsitek asal Portugal itu sudah menerima dua hukuman akibat komentarnya setelah pertandingan musim ini.

"Dia kadang benar dan kadang tidak. Terkadang, orang-orang berpikir bahwa perkataannya absurd. Sementara itu, sebagian lainnya setuju. Begitulah cara dia bekerja," ujar Luis.

Luis hanya mendapatkan jatah 15 pertandingan selama membela Chelsea. Dia kalah bersaing dengan Cesar Azpilicueta di sisi kiri pertahanan The Blues.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ESPN Asia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com