Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIFA Punya Rencana "Rahasia" untuk Indonesia

Kompas.com - 02/11/2015, 13:27 WIB
Anju Christian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Hinca Panjaitan mengklaim bahwa FIFA akan meminta pemerintah untuk mencabut pembekuan terhadap PSSI. Bila tak berhasil, FIFA memiliki rencana cadangan yang belum bisa diungkapkan.

Rombongan FIFA dan AFC telah mengadakan pertemuan dengan PSSI di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (2/11/2015). Dalam pertemuan ini, mereka menegaskan syarat agar sanksi untuk Indonesia bisa dicabut, yakni pemerintah harus mencabut terlebih dahulu surat keputusan perihal pembekuan PSSI tertanggal 17 April 2015.

Pasalnya, tertera dalam statuta FIFA, federasi sepak bola sebuah negara tidak boleh diintervensi oleh pemerintah. "Sudah menjadi prinsip bagi FIFA, statuta harus ditaati," kata Hinca setelah pertemuan tersebut.

"Mereka juga menyampaikan, silakan kembalikan sepak bola kepada PSSI dan pemerintah hanya memberikan dukungan," tuturnya.

Apabila tak ada solusi dari pemerintah, sanksi untuk Indonesia terancam berlanjut. Dengan kata lain, Indonesia tidak bisa mengirimkan wakil dalam kompetisi sepak bola level internasional. Namun, FIFA ternyata punya rencana cadangan.

"Ada plan B yang baru bisa kita ketahui setelah mereka bertemu dengan (Presiden) Joko Widodo," ucap Hinca.

Dalam pertemuan ini, FIFA diwakili oleh Kohzo Tashima dan HRH Prince Abdullah, sedangkan AFC menyertakan Mariano Araneta, James Johnson, Sanjeevan, dan John Windsor. Di sisi lain, PSSI mengirimkan Agum Gumelar, La Nyalla Mattalitti, Hinca Panjaitan, dan Djamal Aziz.

Rombongan FIFA dan AFC keluar dari Kantor PSSI sekitar pukul 12.00 WIB. Mereka langsung bertolak ke Istana Negara untuk menemui Presiden Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Berikut ini adalah agenda FIFA dan AFC selama di Jakarta:

Senin (2/11/2015)
10.30 WIB: Bertemu dengan PSSI di Kantor PSSI
11.45 WIB: Bertemu dengan Menpora dan Presiden di Istana Negara

Selasa (3/11/2015)
09.00 WIB: Bertemu APPI dan APSNI di Kantor PSSI
10.00 WIB: Bertemu PT Liga di Kantor PSSI
11.00 WIB: Bertemu Siwo di Kantor PSSI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com