Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kandidat Terkuat Juara Liga Champions

Kompas.com - 07/10/2015, 05:25 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis


KOMPAS.com
- Legenda Bayern Muenchen, Stefan Effenberg, menyebut ada 4 klub yang paling berpeluang meraih trofi Liga Champions musim ini. Mereka adalah Manchester United, Barcelona, Real Madrid, dan tentu saja Bayern.

"Setiap tahun ceritanya sama, Barcelona dan Real Madrid memiliki skuat yang sangat kuat. Menurut saya, adalah lawan yang serius bagi Bayern Muenchen," ujar Effenberg, Selasa (6/10/2015).

"Saya juga berpikir bahwa Manchester United bisa menunjukkan performa apik di Liga Champions. Hal itu mungkin mengejutkan bagi Anda karena mereka baru kalah saat melawan Arsenal (4/10/2015). Namun, perjalanan musim ini masih panjang," tutur Effenberg.

Sedangkan, untuk ajang Bundesliga, Effenberg menjagokan Bayern Muenchen sebagai juara. Apalagi, skuat asuhan Josep "Pep" Guardiola itu bercokol di posisi pertama klasemen sementara Bundesliga dengan perolehan 24 poin.

"Saat ini, Bayern Muenchen adalah tim sepak bola terbaik di dunia, tetapi bukan berarti mereka tidak terkalahkan," kata pemain yang telah meraih 3 gelar Bundesliga sepanjang karier sepak bolanya.

"Menurut saya, pemenang kompetisi di Jerman sudah diketahui. Tidak ada klub lain di Jerman yang memiliki kualitas seperti skuat Bayern Muenchen. Mereka nyaris sempurna," ucap Effenberg.

Semasa masih menjadi pemain, Effenberg tercatat pernah membawa Bayern Muenchen merengkuh gelar Liga Champions pada musim 2000-2001.

Kala itu, Bayern Muenchen berhadapan dengan Valencia pada laga final di Stadion San Siro, Milan. Effenberg dkk keluar sebagai juara melalui babak adu penalti, setelah kedua tim bermain imbang 1-1 pada waktu normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com