Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neymar dan Messi Bikin Madrid Lengser

Kompas.com - 13/09/2015, 03:58 WIB
MADRID, Kompas.com - Barcelona melanjutkan tren positif mereka pada awal musim 2015-16 setelah meraih kemenangan di Vicente Calderon, Sabtu (12/9/2015). Menghadapi tuan rumah Atletico Madrid, Blaugrana mencetak dua gol melalui Neymar dan Lionel Messi, untuk membawa kemenangan 2-1.

Raihan tiga poin pada pekan ketiga ini membuat Barca mengumpulkan total sembilan poin. The Catalans menggeser rival abadinya, Real Madrid, yang hanya diberi kesempatan memuncaki klasemen selama beberapa saat setelah menang 6-0 atas Espanyol. Barca unggul dua angka atas Madrid, yang masih mungkin digeser Celta Vigo dan Eibar, yang baru akan bermain pada Minggu (13/9).

Meski berlangsung di Vicente Calderon, Barcelona mendominasi jalannya pertandingan. Berdasarkan statistik, tim arahan Luis Enrique itu menguasai bola sebanyak 69 persen.

Akan tetapi, Atletico bermain lebih efektif meskipun hanya memiliki 31 persen penguasaan bola. Pasalnya, Los Colchoneros mampu mendapatkan 11 peluang, sedangkan Barcelona hanya 13.

Atletico juga yang lebih dulu mencetak gol, setelah Fernando Torres mengoyak jala Marc-Andre Ter Stegen pada menit ke-51. El Nino berhasil memanfaatkan celah di pertahanan Barca yang membuatnya tidak terjaga dan meneruskan umpan terobosan Tiago Mendes menjadi gol.

Namun Barcelona dengan cepat memberikan respons. Hanya berselang empat menit, Neymar mencetak gol penyama dari eksekusi tendangan bebas nan indah, yang tidak bisa dijangkau oleh kiper Jan Oblak.

Pada menit ke-60, Enrique menurunkan Lionel Messi, yang masuk menggantikan Ivan Rakitic. Hanya butuh 17 menit bagi striker yang baru saja kembali menjadi ayah karena kekasihnya melahirkan putra kedua mereka pada Jumat (11/9) untuk mempersembahkan gol kemenangan Azulgrana.

Berawal dari kemelut di luar kotak penalti, bola berhasil dikuasai dan diteruskan Jordi Alba kepada Luis Suarez. Dengan satu sentukan, striker Uruguay itu memberikan umpan kepada Messi untuk menaklukkan Oblak dengan sebuah sepakan chip di depan gawang.

Tertinggal 1-2, Atletico sempat mengerahkan seluruh daya serang mereka dengan menurunkan empat striker sekaligus dengan memainkan Jackson Martinez, Yannick Ferreir Carrasco, dan Luciano Vietto untuk mendampingi Antoine Griezmann. Akan tetapi skor tetap tidak berubah hingga wasit Antonio Mateu meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir. (Verdi Hendrawan)

Susunan pemain:

ATLETICO MADRID (4-2-2-2): 13-Jan Oblak; 20-Juanfran Torres, 2-Diego Godin, 24-Jose Gimenez, 3-Filipe Luis; 5-Tiago Mendes, 14-Gabriel Arenas (23-Luciano Vietto 81'); 6-Jorge Koke, 10-Oliver Torres (21-Yannick Ferreira-Carrasco 60'); 7-Antoine Griezmann, 9-Fernando Torres (11-Jackson Martinez 62').
Cadangan: 1-Miguel Moya, 15-Stevan Savic, 17-Saul Niguez, 18-Jesus Gamez.

Pelatih: Diego Simeone.

BARCELONA (4-3-3): 1-Marc-Andre Ter Stegen; 20-Sergi Roberto, 14-Javier Mascherano, 23-Thomas Vermaelen (24-Jeremy Mathieu 28'), 18-Jordi Alba; 8-Andres Iniesta, 5-Sergio Busquets, 4-Ivan Rakitic (10-Lionel Messi 60'); 12-Rafinha Alcantara, 9-Luis Suarez, 11-Neymar Junior.
Cadangan: 25-Jordi Masip, 15-Marc Bartra, 21-Adriano Correia, 17-Munir El-Haddadi, 19-Sandro Ramires.

Pelatih: Luis Enrique.

Wasit: Antonio Mateu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Juara.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com