Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanda Harus Lupakan Piala Eropa 2016 jika...

Kompas.com - 04/09/2015, 09:01 WIB


AMSTERDAM, KOMPAS.com
- Gelandang tim nasional Belanda, Wesley Sneijder, mengaku peluang negaranya untuk lolos ke Piala Eropa 2016 menipis. Hal itu tak lepas dari kekalahan 0-1 dari Islandia di Stadion Amsterdam ArenA, Kamis (3/9/2015).

Gol tunggal kemenangan Islandia dicetak oleh Gylfi Sigurdsson melalui titik putih pada babak kedua. Ini adalah kemenangan pertama Islandia dalam 6 lawatan ke Belanda.

Kegagalan Belanda meraih poin penuh sebenarnya sudah terbaca sejak menit ke-30. Ketika itu, kapten Arjen Robben harus ditarik keluar lantaran cedera. Tiga menit berselang, Bruno Martins Indi diusir wasit lantaran mendapatkan kartu merah.

"Tak ada yang perlu kami takuti sebelumnya. Lalu, kami mendapatkan kartu merah. Langkah kami kian berat ketika bermain dengan 10 pemain. Setelah itu, kami mendapatkan penalti," ucap Sneijder seusai pertandingan.

Pengganti Robben sebagai kapten Belanda itu mengakui peluang timnya untuk lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 menipis. Belanda berada di posisi ketiga dengan 10 poin, selisih 8 angka dari Islandia dan 6 angka dari Rep. Ceko.

Mengingat hanya dua tim teratas tiap grup yang lolos, De Oranje harus menyapu bersih kemenangan pada tiga laga sisa. Itu pun sambil berharap Islandia atau Ceko tergelincir.

"Jika tak bisa memenangi 3 laga sisa, mungkin kami harus melupakan tampil di Perancis," ujar Sneijder.

Untuk saat ini, Sneijder hanya berharap Robben bisa kembali pulih. "Aku berharap Robben bisa main lawan Turki.

Laga melawan Turki akan berlangsung di Torku Arena di Kota Konya pada 6 September. Setelah itu, De Oranje akan melawat ke Kazakstan (10/10/2015) dan menjamu Ceko di Amsterdam ArenA (13/10/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com