Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stadion Manahan Kandidat Terkuat Pembukaan Piala Kemerdekaan

Kompas.com - 11/08/2015, 01:09 WIB
OLO, Kompas.com - Stadion Manahan Solo menjadi calon terkuat tempat upacara pembukaan Turnamen Sepak Bola Piala Kemerdekaan 2015 pada 15 Agustus. Menurut Sekretaris Persis Solo, Sapto Joko Purwadi, Senin (10/8/2015), pembukaan rencananya dilakukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Meskipun demikian, tambahnya, Kemenpora belum mengumumkan soal tempat yang ditunjuk sebagai upacara pembukaan. Hanya saja, dirinya yakin Persis menjadi kandidat terkuat dibanding tiga daerah lainnya.

"Partai pembuka digelar daerah yang syarat dengan atmosfer stadion yang semarak. Stadion Manahan dengan Tim Persis yang selalu ditonton banyak suporter masuk syarat itu," ujarnya usai menghadiri manager meeting di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, pada acara pertemuan di Jakarta memang belum disinggung soal tempat yang digunakan acara pembukaan oleh Presiden. Tetapi pihak penanggung jawab turnamen tersebut menyinggung soal acara pembukaan di stadion yang memiliki atmosfer dan penonton yang semarak.

Padahal, lanjut dia, Persis saat berlaga di Stadion Manahan selama ini sering dipadati suporter. Apalagi, Persis sebagai tuan rumah di Grup C Piala Kemerdekaan, tentunya stadion yang berkapasitas 25.000 penonton itu, akan dipenuhi masyarakat pencinta sepak bola.

"Empat tuan rumah seperti Solo, Medan, Serang dan Madura hampir semuanya siap ditunjuk sebagai tempat upacara pembukaan. Namun, hal ini semua tergantung pusat, jika Solo terpilih sudah siap seluruhnya," katanya.

Menurut Direktur Olahraga Persis Totok Supriyanto, pihaknya telah siap dan menyambut baik jika Solo ditunjuk menjadi tempat upacara pembukaan. Laga pertama Persis di Grup C akan berhadapan dengan PPSM Magelang. Persis satu grup dengan PSS Sleman, Persiba Bantul, Persibangga Purbalingga, PPSM Magelang, PSIR Rembang dan Persibas Banyumas.

Sementara itu tim pada Grup A terdiri dari PSMS Medan yang menjadi tuan rumah, Kalteng Putra, Persires, Lampung FC, Persitara Jakarta Utara dan PSPS Pekanbaru. Pada Grup B terdiri dari Perserang (tuan rumah), Cilegon United, Persidago Gorontalo, PS Mojokerto Putra, PS Yahukimo dan Persika Kerawang. Grup D terdiri dari Persepam MU (tuan rumah), Persatu Tuban, Persekap Kota Pasuruan, Persinga Ngawi, Madiun Putra dan Persebo Bondowoso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com