Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

26 Februari, FIFA Gelar Pemilihan Presiden Baru

Kompas.com - 20/07/2015, 20:42 WIB
KOMPAS.com — Asosiasi sepak bola dunia, FIFA, akan menggelar kongres luar biasa pada 26 Februari 2016. Hal tersebut dilakukan untuk memilih presiden baru FIFA, setelah Sepp Blatter memutuskan untuk mengundurkan diri.

Sebenarnya FIFA sudah menggelar pemilihan presiden baru pada awal bulan lalu, dengan Blatter terpilih kembali. Namun, pria asal Swiss tersebut memutuskan untuk tidak melanjutkan rezimnya yang sudah berlangsung selama empat periode berturut-turut.

Nah, untuk memilih presiden baru, FIFA harus menggelar kongres luar biasa. Berdasarkan pertemuan luar biasa FIFA di Zurich, Senin (20/7/2015), tercapailah kesepakatan untuk menggelar pemilihan presiden baru FIFA pada Februari nanti.

Blatter mundur hanya empat hari setelah terpilih kembali. Dia mengalahkan Pangeran Ali bin Hussein, yang menjadi satu-satunya penantang dalam pemilihan yang berlangsung pada akhir Mei.

Namun, euforia Blatter terjadi di tengah skandal yang sangat menghebohkan. Pasalnya, dua hari menjelang kongres FIFA yang beragenda pemilihan presiden baru, 14 orang, termasuk sembilan ofisial FIFA, ditangkap karena diduga terlibat korupsi.

Kini, FIFA memiliki waktu tujuh bulan sebelum menggelar kongres luar biasa. Presiden UEFA Michel Platini berada di posisi terdepan menjadi suksesor Blatter. Meskipun belum ada konfirmasi darinya, berdasarkan laporan, mantan bintang sepak bola Perancis itu mendapat dukungan dari Eropa, Amerika Selatan, dan Asia, serta konfederasi Concacaf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Goal
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com