Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbang, Italia Gagal Geser Kroasia

Kompas.com - 13/06/2015, 03:42 WIB
SPLIT, KOMPAS.com - Italia gagal menggeser Kroasia dari puncak klasemen Grup H kualifikasi Piala Eropa 2016. Hasil imbang 1-1 antara kedua tim, Jumat malam atau Sabtu (13/6) dini hari WIB, membuat posisi klasemen Grup H tak mengalami perubahan. 
 
Pada laga di Stadion Poljud ini, tuan rumah punya kesempatan untuk unggul terlebih dulu pada menit ke-7, ketika Davide Astori melanggar Darijo Srna di kotak penalti Italia. Namun, tendangan Mario Mandzukic bisa diantisipasi oleh Gianluigi Buffon. 
 
Empat menit berselang, Stephan El Shaarawy sukses menjebol gawang Danijel Subasic. Namun, wasit Martin Atkinson menganulir gol tersebut lantaran offside. 
 
Para pemain Italia melakukan protes. Kesempatan ini ternyata dimanfaatkan Kroasia untuk melakukan serangan balik. Mandzukic akhirnya bisa mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan Ivan Rakitic. 
 
Gol ini lagi-lagi membuat kubu Italia berang dan melakukan protes, termasuk pelatih Antonio Conte. Akan tetapi, Atkinson tetap bergeming pada putusannya. 
 
Italia baru bisa mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-36. Bermula dari tendangan bebas Andrea Pirlo, bola sundulan Graziano Pelle mengenai lengan Mandzukic. Penalti untuk Italia. 
 
Antonio Candreva lantas mengeksekusinya untuk membuat skor 1-1.  Kedudukan ini bertahan hingga babak pertama berakhir. 
 
Pada awal babak kedua, Buffon yang mengalami masalah sepanjang babak pertama, digantikan Salvatore Sirigu. Ini adalah pergantian kedua dari Italia lantaran cedera pemain. Pada menit ke-28, Lorenzo De Silvestri juga digantikan Mattia De Sciglio dengan alasan serupa. 
 
Pergantian Buffon ke Sirigu itu tak membuat lini belakang Italia melemah. Sirigu bisa menjaga gawangnya tetap tak kemasukan sepanjang babak kedua. Namun, barisan penyerang Italia pun tak bisa mengonversi sejumlah peluang. 
 
Tak ada gol tambahan tercipta pada babak kedua. Kroasia dan Italia harus puas dengan hasil imbang 1-1. 
 
Hasil ini menguntungkan Kroasia. Tim asal Balkan itu tetap memuncaki klasemen Grup H kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan 14 poin dari 6 laga. Gli Azzurri menguntit di posisi kedua dengan selisih 2 poin. 

Norwegia yang bermain imbang tanpa gol melawan Azerbaijan menguntit di posisi ketiga dengan 10 poin. Lalu berturut-turut, Bulgaria (8 poin), Azerbaijan (4), Malta (1).  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com