Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Komentar BOPI soal Kasus Pahang FA

Kompas.com - 25/05/2015, 19:17 WIB
Ferril Dennys

Penulis

Sumber Antara
JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) enggan disalahkan terkait kasus kegagalan tiga pemain asing klub Pahang FA, Malaysia, yang tidak mendapatkan visa sehingga batal bertolak menuju Jayapura, Papua, untuk melakoni laga 16 besar Piala AFC melawan Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Selasa (26/5/2015).

"BOPI bukan syarat utama untuk memberikan rekomendasi dan bukan syarat mutlak mendapatkan visa, hanya persyaratan dokumen," kata Ketua Umum BOPI Noor Aman, seperti dikutip dari Antara, Senin (25/5/2015).  

Tiga pemain Pahang FA yang tidak mendapatkan visa masuk ke Indonesia adalah Dickson Nwakaeme asal Nigeria, Zesh Rehman asal Pakistan, dan Domion Delano Stewart asal Jamaika. Tidak mendapatkan visa, klub Pahang FA ternyata memutuskan untuk kembali ke negaranya. Dengan demikian, pertandingan babak 16 besar Piala AFC 2015 di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (26/5/2015), dipastikan gagal.

Menurut Aman, ketiga pemain asing Pahang FA itu ternyata bukanlah dari negara yang memiliki fasilitas visa on arrival. Dengan demikian, untuk masuk ke Indonesia, mereka terlebih dahulu harus mendapatkan calling visa dan visa tersebut harus dibuat di Malaysia.

Noor Aman menyebutkan bahwa Sekjen PSSI Azwan Karim juga tidak memberikan jaminan kepada Pahang FA terkait dengan pengurusan visa on arrival di Imigrasi Jakarta. "Permasalahan ini tidak terkait pembekuan. Kemungkinan terbesar Azwan yang tidak tahu jika tidak bisa masuk lewat visa on arrival," kata pria dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal TNI itu.

Terkait masalah rekomendasi, pihak BOPI mengaku sudah mengeluarkannya meski permintaan dari pihak Persipura Jayapura sangat mepet, yaitu Jumat (22/5/2015). Sempat terjadi kesalahan di surat tersebut, tetapi langsung direvisi.

Meski demikian, pihak BOPI mengaku akan melakukan komunikasi dengan AFC guna menjelaskan kronologi kejadian. Pihaknya berharap pertandingan babak 16 besar Piala AFC antara Persipura melawan Pahang FA bisa dijadwalkan ulang.

Selain Persipura, tim asal Indonesia yang akan turun di babak 16 besar adalah Persib Bandung. Tim yang berjuluk Maung Bandung itu akan berhadapan dengan klub Hongkong, Kitchee.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com