Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Hilir Mudik, Guardiola Dikritik

Kompas.com - 06/05/2015, 18:40 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber Marca
KOMPAS.com - Mantan pemain Bayern Muenchen, Stefan Effenberg, melontarkan kritik terhadap Pep Guardiola. Effenberg menilai, kebiasaan Guardiola di pinggir lapangan berdampak negatif terhadap Bayern.

Bila diperhatikan, Guardiola memang sering hilir mudik dari bangku cadangan ke pinggir lapangan guna memberi instruksi terhadap para pemain.

"Anda harus memercayai pemain yang menghabiskan satu pekan sebelum pertandingan untuk persiapan taktik," beber Effenberg.

"Selain itu, Guardiola juga membuat masalah dengan ofisial keempat jika berada di area teknis. Ini menunjukkan tekanan yang ia terima. Itu merugikan tim," tambah mantan pemain Timnas Jerman ini.

Selain itu, Effenberg meminta Guardiola bersikap lebih pragmatis. Pasalnya, tak semua lawan bisa dihadapi dengan gaya penguasaan bola yang diperagakan The Bavarians.

"Bayern selalu mencatat penguasaan bola 65 hingga 70 persen. Mereka ingin menyerang secara konstan. Tetapi, cara itu tak berhasil di semifinal Liga Champions musim lalu melawan Real Madrid, baik kandang maupun tandang," ungkapnya.

Bayern bakal bertandang ke markas Barcelona, Stadion Camp Nou, dalam leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu waktu setempat atau Kamis (7/5/2015) dini hari. Kedua tim mencatat statistik identik sepanjang turnamen, yakni rata-rata penguasaan bola 62 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Marca
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com