Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Liga Inggris: Derbi Penentu Jatah

Kompas.com - 11/04/2015, 09:04 WIB
BEIN SPORT Gita Suwondo

Oleh: Gita Suwondo
Gita Suwondo adalah beIN SPORTS Football Expert. Analisis Gita Suwondo untuk laga berikutnya pekan ini bisa disaksikan di beIN SPORTS 1

KOMPAS.com - “Saya sangat senang dengan penampilan tim. Biasanya kita menang jika tampil seperti ini. “ ungkap Manuel Pelegrini saat konferensi pers usai Manchester City mengalami kekalahan di Selhurst Park. Ini adalah kekalahan tandang keempat berturut turut The Citizen di semua kompetisi atau kekalahan tandang ketiga beruntun yang diderita Vincent Kompany dkk di Premier League.

Hasil ini membuat Pellegrini perlu berpikir soal "bekerja" di tempat lain. Peluang Manchester City untuk mempertahankan gelar semakin sulit. Bahkan jika tidak hati-hati, spot terakhir di zona Liga Champion bisa melayang, walaupun mereka masih berbeda 7 poin dari Liverpool dengan hanya sisa 7 laga lagi. Tapi hasil tandang yang buruk – terakhir anak asuhan Pelegrini ini mencatat kemenangan tandang dua bulan lalu di Brittania – membuat situasi sangat tidak menguntungkan, karena bayang-bayang kekalahan tandang berikutnya sudah mengintai di Old Trafford.

Ya, derby Manchester yang bisa jadi penentu jatah tiket Liga Champion. Memang, dalam tiga pertemuan terakhir di Old Trafford, City selalu menjadi pemenang. Bahkan pada saat United masih ditangani oleh Sir Alex Ferguson dan menjadi juara dua musim lalu. Tapi dari faktor kekinian, jelas Louis van Gaal berhasil membawa pasukannya pada penampilan yang trengginas akhir akhir ini. Sejak tersingkir dari piala FA ditangan Arsenal di Old Trafford, Wayne Roney dkk tancap gas di premier league. Tottenham Hotspur, Liverpool dan Aston Villa merasakan penampilan kelas satu United paska hengkangnya Sir Alex Ferguson. Hasil 100 % juga digapai oleh United dalam lima laga kandang terakhir di Old Trafford.

Semua statistik mengarah pada keunggulan United. Hanya historis yang agak berbelok ke Manchester City. Tapi seperti yang dikatakan oleh Pelegrini jika mereka bermain lepas seperti ketika menghadapi Crystal Palace biasanya mereka menang. Mungkin yang harus dilakukan oleh Pelegrini adalah sedikit pragmatis, bermain menunggu, seperti yang sukses dilakukan oleh Arsene Wenger saat berhadapan dengan tim-tim besar. Dengan United pasti akan keluar menyerang didepan pendukungnya sendiri, kontra strategi permainannya sendiri bisa menjadi satu satunya solusi Pelegrini untuk mengakhir hasil buruk akhir-akhir ini jika bertamu. Karena kemenangan atau setidaknya hasil imbang penting jika tidak ingin semakin didekati oleh Liverpool yang hanya menjamu Newcastle United dan Tottenham Hotspur yang memainkan laga relatif mudah menjamu Aston Villa.

Laga Derby Manchester ini akan sangat spesial bagi pemirsa beINSports karena akan ditayangkan langsung di beINSports 1 pada Minggu, 12 April pkl. 22:00 WIB, lengkap dengan komentari langsung dari Old Trafford oleh Pangeran Siahaan. MANCHESTER UNITED 55 – 45 MANCHESTER CITY

Premier League Markas Burnley, Turf Moor.

BURNLEY Vs ARSENAL
( LIVE beINSports 1, Sabtu, 11 April – pkl. 23:30 WIB )
Jika ditanya siapa tim yang sangat menonjol akhir akhir ini, jawabannya adalah Arsenal. Sejak kalah dari Tottenham Hotspur di White Hart Lane dan AS Monaco di Old Trafford, anak asuhan Arsene Wenger ini melaju dengan 10 kemenangan berturut turut di semua kompetisi. Rekor sembilan kemenangan berturut turut di Emirates dibukukan Per Mertesacker dkk ketika menggulingkan Liverpool minggu lalu. Rekor tandang juga luar biasa dengan 5 kemenangan beruntun di 3 kompetisi walaupun tidak cukup meloloskan mereka ke perempat final Liga Champion.

Tapi lolos ke semifinal piala FA dari sergapan Manchester United di Old Trafford, dan kemenangan beruntun di Selhurst Park, Loftus Road dan St James Park adalah gambaran bagaimana Arsene Wenger selalu bisa memanfaatkan laga tandang melawan klub klub yang ada dizona degradasi atau sedang berupaya keras menghindar dari posisi tiga terbawah klasemen itu. Dan kunjungan ke klub penghuni zona degradasi lainnya akhir minggu ini tampaknya akan kembali dimanfaatkan oleh The Gunners untuk tetap ada di urutan kedua klasemen sementara.

Anak asuhan Sean Dyche memang cukup mumpuni untuk berusaha berjuang keluar dari kemungkinan kembali ke Championship musim depan. Go Down Fighting selalu jadi motivasi Jason Shackell dkk setiap kali tampil akhir akhir ini. Tiga laga terakhir The Clarets mereka lalui dengan luar biasa. Mengalahkan Manchester City dan menahan imbang Tottenham Hotspur di Turf Moor mengapit kekalahan di St Mary menghadapi tuan rumah Southampton, dengan catatan bahwa penjaga gawang cadangan The Saints, Kelvin Davis harus melakukan dua penyelamatan bersih untuk mencegah Danny Inggs dan Sam Vokes mencetak gol.

Saat laga pertama kedua tim di Emirates dibutuhkan waktu 70 menit bagi Arsenal sebelum meriam The Gunners menyalak melalui dua gol Alexis Sachez dan satu gol Callum Chambers. November sudah lima bulan berlalu dan perubahan penampilan signifikan diperlihatkan kedua tim. Laga yang sarat dengan kepentingan ini akan memperlihatkan mampukah Olivier Giroud yang sudah mencetak 7 gol dalam 6 laga premier league terakhir bagi Arsenal mematahkan pertahanan berlapis didepan penajaga gawang Tom Heaton.

The Gunners jelas bukan Giroud seorang. Seluruh individu punya kemampuan memberikan solusi gol seperti yang mereka tunjukkan saat menghadapi Liverpool. Kini yang harus diwaspadai oleh Per Mertesacker, Laurent Koscielny dan Francis Coquelin adalah serangan balik Danny Inggs dkk yang biasanya sangat efektif di Turf Moor. BURNLEY 45 – 55 ARSENAL

Premier League Markas Queens Park Rangers, Loftus Road.

QPR Vs CHELSEA
Minggu lalu jadi minggu yang sangat menyejukkan bagi Queens Park Rangers. Anak asuhan Chris Ramsey ini mencatat prestasi yang jarang mereka lakukan musim ini. 4 poin dalam 2 laga saat berkunjung ke kandang lawan adalah hal yang bahkan tidak bisa dilakuan sekalipun oleh Harry Redknapp saat menangani Joey Barton dkk. Menang di The Hawthorn yang sudah ditata apik oleh Tony Pulis dengan mencetak 4 gol adalah luar biasa. Imbang di Villa Park – laga week 33 yang dimajukan karena berbenturan dengan jadual Aston Villa di semifinal piala FA – belum membuat QPR keluar dari zona degradasi tapi jelas memberikan tekanan pada Aston Villa di enam sisa laga mereka.

Charlie Austin kembali cemerlang bagi The Hoops. Masing masing satu gol kegawang Boaz Myhill dan Brad Guzan membuat pundi pundi golnya menjadi 17, sama dengan pencapaian tukang gedor Manchester City, Sergio Aguero dan hanya dibawah Diego Costa serta Harry Kane. Membuat duel sarat kepentingan menghadapi Chelsea akan sangat menarik. Duel dua ujung tombak dilini depan. Diego Cota di kubu tim tamu yang berusaha terus menjaga jarak ideal dengan Arsenal dan Austin salah satu fenomena striker lokal musim ini di BPL.

Pertemuan pertama kedua tim di Stamford Bridge awal November tahun lalu berlangsung ketat. Austin membuktikan bahwa dia lebih piawai dari Costa dengan menyamakan kedudukan, sebelum penalti Eden Hazard membawa kemenangan bagi The Blues. Intinya QPR ditengah keterpurukan sekalipun tetap merepotkan Chelsea dikandang sendiri saat kondisi Chelsea sedang sangat mumpuni di paruh pertama musim. Kini, hanya pragmatisme ala Mourinho yang tetap menjaga Chelsea meraih poin penuh atau setidaknya seri dan menjaga jarak mereka dengan urutan kedua klasemen sementara.

Paska juara piala liga dan tersingkir dari liga champion, John Terry dkk belum memperlihatkan permainan yang seperti mereka tunjukkan di paruh pertama musim. Ditahan imbang Burnley dan Southampton di Stamford Bridge, tapi filosofi “menang” The Happy One berlaku disaat saat tersulit sekalipun. Kemangan dengan margin gol minimal atas West Ham United, Hull City dan Stoke City adalah bukti. Juga jika di The Bridge mereka kerepotan menghadapi para tamu, empat laga terakhir saat bepergian ke kandang lawan mereka selalu mendapatkan hasil maksimal.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Barcelona Vs PSG, Bukan Pertarungan Xavi dan Luis Enrique

Barcelona Vs PSG, Bukan Pertarungan Xavi dan Luis Enrique

Liga Champions
Peringatan Pochettino kepada Jackson dan Madueke yang Rebutan Penalti

Peringatan Pochettino kepada Jackson dan Madueke yang Rebutan Penalti

Liga Inggris
Piala Asia U23, STY Sebut Timnas Indonesia Dibuat Tak Nyaman Jelang Vs Qatar

Piala Asia U23, STY Sebut Timnas Indonesia Dibuat Tak Nyaman Jelang Vs Qatar

Timnas Indonesia
Timnas U23 Indonesia Vs Qatar, Reaksi Ivar Jenner Usai Kartu Merah Kontroversial

Timnas U23 Indonesia Vs Qatar, Reaksi Ivar Jenner Usai Kartu Merah Kontroversial

Timnas Indonesia
Top Skor Liga Inggris: Cole Palmer-Haaland Teratas dengan 20 Gol

Top Skor Liga Inggris: Cole Palmer-Haaland Teratas dengan 20 Gol

Liga Inggris
Prediksi Skor Barcelona Vs PSG Leg Kedua 8 Besar Liga Champions

Prediksi Skor Barcelona Vs PSG Leg Kedua 8 Besar Liga Champions

Liga Champions
Piala Asia U23 2024, Timnas Indonesia Protes ke AFC Usai Wasit Kontroversial

Piala Asia U23 2024, Timnas Indonesia Protes ke AFC Usai Wasit Kontroversial

Timnas Indonesia
STY Nilai Laga Indonesia Vs Qatar seperti Pertunjukan Komedi

STY Nilai Laga Indonesia Vs Qatar seperti Pertunjukan Komedi

Timnas Indonesia
Piala Asia U23 2024, Kata Pelatih Qatar Usai Kalahkan Timnas Indonesia

Piala Asia U23 2024, Kata Pelatih Qatar Usai Kalahkan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia
Jadwal Timnas U23 Indonesia Usai Dibekuk Qatar, Bangkit Lawan Australia

Jadwal Timnas U23 Indonesia Usai Dibekuk Qatar, Bangkit Lawan Australia

Timnas Indonesia
Jadwal Leg Kedua 8 Besar Liga Champions 2023-2024, Barcelona Vs PSG, Dortmund Vs ATM

Jadwal Leg Kedua 8 Besar Liga Champions 2023-2024, Barcelona Vs PSG, Dortmund Vs ATM

Liga Champions
Biang Kekalahan Timnas U23 Indonesia dari Qatar

Biang Kekalahan Timnas U23 Indonesia dari Qatar

Timnas Indonesia
Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Man City Pertama, Chelsea 10 Besar Usai Pesta Gol

Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Man City Pertama, Chelsea 10 Besar Usai Pesta Gol

Liga Inggris
Hasil Chelsea Vs Everton: Sensasi 4 Gol Palmer, The Blues Pesta

Hasil Chelsea Vs Everton: Sensasi 4 Gol Palmer, The Blues Pesta

Liga Inggris
Klasemen Piala Asia U23 2024: Qatar Puncaki Grup A Usai Bekuk Indonesia

Klasemen Piala Asia U23 2024: Qatar Puncaki Grup A Usai Bekuk Indonesia

Timnas Indonesia
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com