Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipermalukan Malaga, Barcelona Gagal Salip Real Madrid

Kompas.com - 22/02/2015, 00:00 WIB
KOMPAS.com - Malaga membuat kejutan ketika melakoni laga Primera Division di Camp Nou, Sabtu (21/2/2015). Mereka berhasil mempermalukan Barcelona dengan kemenangan 1-0 yang dicetak Juanmi pada babak pertama, memanfaatkan blunder Dani Alves.

Hasil ini mengakhiri 11 kemenangan beruntun Barca di semua kompetisi pada musim 2014-15. Lebih dari itu, Barca membuang kesempatan untuk memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol, karena kekalahan tersebut membuat mereka tetap berada di peringkat kedua dengan koleksi 56 poin, tertinggal satu angka dari rival abadinya, Real Madrid.

Jika Madrid mampu menang ketika tandang ke Elche, Minggu (22/2), maka mereka kembali menjauh dari kejaran Barca. Artinya, Barca "memberikan" kesempatan bagi Madrid untuk melebarkan jalan menuju gelar juara Primera Division musim ini, meskipun kedua tim masih akan bertarung dalam laga bertajuk el clasico pada bulan depan.

Sejak peluit kick-off berbunyi, Barca bermain agresif. Alih-alih mencetak gol, mereka justru langsung dikejutkan gol cepat tim tamu pada menit ketujuh. Kesalahan Alves berbuah mala petaka, karena back-pass yang dilakukan terlalu lemah sehingga bila bisa dikejar Juanmi sebelum mengecoh Claudio Bravo.

Barca langsung meresponsnya dengan serangan yang bagus dari sayap kiri. Tetapi penampilan gemilang kiper Carlos Kameni yang melakukan aksi terbang, berhasil mementahkan umpan Neymar ke mulut gawang. Bola ditinju keluar dari daerah pertahanan, sehingga selamatlah Malaga dari ancaman.

Meskipun mendominasi pertandingan, tetapi trisula Neymar-Lionel Messi-Luis Suarez gagal menghadirkan ancaman berbahaya. Alhasil, babak pertama berakhir 1-0 untuk Malaga, yang tengah berusaha menembus zona Eropa untuk musim depan.

Pada babak kedua, Barca tetap memegang kendali permainan. Pelatih Luis Enrique melakukan perubahan dengan memasukkan Ivan Rakitic (gantikan Rafinha), Pedro (Andres Iniesta) dan Javier Mascherano (Alves). Tetapi gol balasan yang dinantikan tak kunjung tiba, sehingga Barca harus menanggung malu di hadapan publik sendiri.

- Susunan pemain

Barcelona: 13-Claudio Bravo; 3-Gerard Piqué, 18-Jordi Alba, 22-Dani Alves (Javier Mascherano 73), 24-Jeremy Mathieu; 5-Sergio Busquets, 8-Andrés Iniesta (Pedro 67), 12-Rafinha (Ivan Rakitic 63); 9-Luis Suárez, 10-Lionel Messi, 11-Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Malaga: 1-Carlos Kameni; 3-Weligton, 15-Marcos Angeleri, 18-Rosales Roberto, 23-Miguel Torres; 7-Samu, 10-Ricardo Horta (Duda 79), 14-Recio, 29-Samuel Castillejo (Arthur Boka 85), 30-Sergi Darder; 11-Juanmi (J. Añor 50)
Pelatih: Javi Garcia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com