Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balotelli Jadi Pahlawan Kemenangan Liverpool atas Tottenham

Kompas.com - 11/02/2015, 04:55 WIB
KOMPAS.com - Liverpool berhasil meraih tiga poin dalam laga sulit melawan Tottenham Hotspur pada lanjutan Premier League, Selasa (10/2/2015) waktu setempat atau Rabu (11/2) dini hari WIB. Mario Balotelli menjadi pahlawan The Reds, yang meraih kemenangan 3-2, sekaligus mencetak gol pertamanya di Liga Inggris pada musim 2014/15 ini.

Tambahan tiga poin pada pekan ke-25 ini membuat Liverpool menguak asa menembus zona Liga Champions dengan raihan total 42 poin. Mereka kini hanya tertinggal tiga angka dari Arsenal, yang berada di urutan keempat.

Sementara itu bagi Tottenham, hasil tersebut membuat mereka gagal menyamai poin Arsenal. Posisi The Lilywhites hanya setingkat di atas Liverpool dengan keunggulan satu poin.

Kedua tim menghadapi pertandingan ini dengan modal yang berbeda dari laga terakhir pekan lalu. Liverpool bermain imbang 0-0 dalam derbi Merseyside melawan Everton, sedangkan Tottenham memenangi derbi London melawan Arsenal.

Ketika peluit kick-off berbunyi, Liverpool lebih dulu mengambil inisiatif menyerang. Pasukan Brendan Rodgers ini berhasil unggul pada menit ke-15 berkat gol Markovic. Pemain berusia 20 tahun asal Serbia yang dibeli dari Benfica ini melepaskan tendangan kaki kiri setelah menerima umpan "tak sengaja" dari Daniel Sturridge (bola haluan lawan mengenai kepalanya dan memantul ke Markovic). Hugo Lloris tak sempurna menghalau bola yang bersarang di pojok kiri bawah gawang, meskipun masih dalam jangkauannya.

Tottenham, yang akhir pekan kemarin membungkam Arsenal dengan skor 2-1, berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-26. Striker muda asal Inggris, Harry Kane, yang memborong gol kemenangan atas Arsenal, kembali memperlihatkan ketajamannya ketika menyelesaikan umpan Erik Lamela.

Lolos dari hadangan barisan pertahanan Liverpool, termasuk Mamadou Sakho yang terjatuh ketika ingin mengejarnya, pemain berusia 21 tahun itu tinggal berhadapan dengan Simon Mignolet. Dengan kaki kanan dia melepaskan tendangan datar yang berhasil mengoyak jala Liverpool, meskipun si kulit bundar sempat membentur kaki Mignolet. Ini adalah gol ke-23 Kane di semua kompetisi pada musim 2014/15.

Setelah itu, tak ada gol yang tercipta meskipun kedua tim sama-sama mendapatkan sejumlah peluang, termasuk back-heel Sturridge yang membentur tiang gawang menjelang akhir babak pertama. Hingga turun minum skor tetap imbang 1-1.

Pada awal babak kedua, Liverpool mendapat hadiah penalti, menyusul pelanggaran Danny Rose terhadap Sturridge. Steven Gerrard, yang musim depan meninggalkan Liverpool untuk bermain di MLS, berhasil menjalankan tugasnya sebagai algoju hukuman itu sehingga membawa The Reds memimpin 2-1 pada menit ke-53.

Seperti halnya babak pertama, keunggulan Liverpool tak bertahan lama. Pada menit ke-61, Tottenham menyamakan skor setelah Moussa Dembele berhasil meneruskan umpan Harry Kane. Para pemain Liverpool tampak bereaksi karena menganggap Kane lebih dulu dalam posisi offside ketika menerima umpan tendangan bebas yang dilakukan Christian Eriksen.

Skor imbang itu membuat Rodgers melakukan perubahan. Dia memasukkan Mario Balotelli (gantikan Sturridge) pada menit ke-74 dan Adam Lallana (gantikan Markovic) pada menit ke-79.

Ternyata keputusan Rodgers berbuah manis, karena dua pemain tersebut membawa Liverpool unggul pada menit ke-83. Balotelli, yang dianggap sebagai kartu mati di Anfield sejak dibeli dari AC Milan pada musim panas lalu karena tak kunjung mencetak gol, mampu mengkonversi umpan silang Lallana menjadi gol. Skor 3-2 bertahan hingga laga usai.

- Susunan pemain

Liverpool: 22-Simon Mignolet; 17-Mamadou Sakho, 23-Emre Can, 37-Martin Skrtel; 8-Steven Gerrard (Dejan Lovren 68), 14-Jordan Henderson, 18-Alberto Moreno, 50-Lazar Markovic (Adam Lallana 79); 10-Philippe Coutinho, 15-Daniel Sturridge (Mario Balotelli 74), 33-Jordan Ibe
Manajer: Brendan Rodgers

Tottenham Hotspur: 1-Hugo Lloris; 2-Kyle Walker, 3-Danny Rose, 15-Jan Vertonghen, 15-Eric Dier; 11-Erik Lamela, 19-Mousa Dembélé (Roberto Soldado 85), 23-Christian Eriksen (Nacer Chadli 81), 38-Ryan Mason (Paulinho 69), 42-Nabil Bentaleb; 18-Harry Kane
Manajer: Mauricio Pochettino

Wasit: Philip Dowd

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com