Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Atur Skor, Conte Termasuk 130 Nama yang Diselidiki

Kompas.com - 10/02/2015, 07:45 WIB
MILAN, Kompas.com - Pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte, serta pelatih Atalanta, Stefano Colantuono, termasuk 130 orang yang resmi mendapat investigasi soal match-fixing. Menurut agen berita Italia, Ansa, Senin (9/2/2015), hal tersebut dilakukan setelah jaksa menyimpulkan penyelidikan selama empat tahun untuk membuktikan adanya pengaturan skor.

Conte, yang sudah menjalani larangan yang diberikan oleh federasi sepak bola Italia (FIGC) sehubungan dengan kasus tersebut tetapi selalu membantah melakukan kesalahan, dituduh "melakukan penipuan olahraga", menyusul penyelidikan oleh jaksa di Cremona. Dugaan kesalahan itu kembali ke tahun 2011, ketika Conte, yang kemudian memenangi tiga gelar Serie-A secara berturut-turut bersama Juventus, belum ditunjuk menjadi pelatih Azzurri tahun lalu, memegang kendali Siena di Serie-B.

Colantuono sedang diselidiki atas dugaan pengaturan skor pada pertandingan melawan Crotone pada 2011, juga di Serie-B. Demikian menurut Ansa.

Sejumlah 130 nama di dalam laporan akan secara resmi diberitahu bahwa mereka berada di bawah penyelidikan. Di Italia, itu biasanya merupakan langkah terakhir sebelum kasus tersebut masuk ke pengadilan.

Gelandang Lazio, Stefano Mauri, mantan kapten Atalanta, Cristiano Doni, dan mantan penyerang timnas Italia, Giuseppe Signore, juga ada di dalam daftar sejumlah 107 halaman itu yang disusun oleh jaksa Roberto Di Martino.

Penyelidikan tersebut dilakukan menyusul adanya upaya memanipulasi pertandingan di Serie-B, divisi dua Italia dan level ketiga Lega Pro selama musim 2010/11. Beberapa pertandingan Coppa Italia juga termasuk di dalam tindakan (penyelidikan) itu.

Investigasi dipimpin oleh polisi dan jaksa dari Cremona, sebuah kota di sebelah utara Italia dengan populasi sekitar 70.000 orang, setelah adanya laporan dari klub lokal, Cremonense, yang menemukan skandal memalukan itu.

FIGC sudah melakukan investigasi sendiri dan memberikan larangan kepada Conte selama 10 bulan pada 2012, kemudian dikurangi menjadi empat bulan setelah adanya banding. Conte sebelumnya menolak tawaran permohonan hukuman tiga bulan.

Lebih dari 50 pemain dilarang sampai lima tahun dan sejumlah klub, termasuk Atalanta dan Siena, yang dihukum pemotongan poin oleh FIGC atas kasus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com