Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Formasi Madrid Tanpa Ronaldo

Kompas.com - 31/01/2015, 10:33 WIB
KOMPAS.com — Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, membeberkan formasi timnya saat Los Blancos menjamu Real Sociedad di Santiago Bernabeu, Sabtu (31/1/2015), untuk melakoni laga Primera Division. Menurut Ancelotti, dia akan menggunakan formasi 4-4-2.

Selama ini, Madrid sudah identik dengan formasi 4-3-3 karena menggunakan tiga penyerang. Hadirnya Gareth Bale yang dibeli dari Tottenham Hotspur pada musim lalu membuat Los Merengues memiliki tridente maut lantaran winger asal Wales tersebut menjadi teman Cristiano Ronaldo di sayap kiri dan Karim Benzema sebagai penyerang tengah, dalam mendobrak pertahanan lawan.

Namun, dalam dua pertandingan ke depan, Ronaldo tak bisa bermain. Peraih tiga Ballon d'Or tersebut harus menjalani hukuman larangan bermain di dua pertandingan akibat kartu merah yang diterima ketika Madrid dengan susah payah menang 2-1 atas Cordoba akhir pekan lalu.

Nah, melawan Sociedad menjadi ujian pertama bagi juara Eropa itu tanpa Ronaldo, yang merupakan mesin gol di Bernabeu. Setelah itu, mereka kembali menghadapi ujian kedua tanpa pemimpin sementara top scorer Primera Division dengan koleksi 28 gol itu, ketika menjamu Sevilla pada 5 Februari.

Tanpa Ronaldo, Ancelotti melakukan perubahan pada formasi tim menjadi 4-4-2. Pelatih asal Italia ini menggeser Bale ke posisi sejatinya, yakni sayap kiri, sementara itu top scorer Piala Dunia 2014, James Rodriguez, beroperasi di sayap kanan.

"Kami akan mengubah formasi menjadi 4-4-2 dengan memberikan peran yang lebih menyerang kepada James. Posisi Bale juga sedikit berubah, dia akan bermain di kiri," ujar Ancelotti dalam jumpa pers, Jumat (30/1/2015).

"Saya lebih suka memasang James di sayap kanan, tetapi selebihnya Madrid akan bermain seperti biasa," tambah mantan pelatih AC Milan, Chelsea, dan PSG ini.

Bagi Bale, bermain di sayap kiri bukan hal baru. Bahkan, ini menjadi keahliannya karena pemain termahal dunia tersebut tampil sangat menawan di posisi itu saat menjadi bintang Tottenham Hotspur. Inilah yang membuat Madrid rela menggelontorkan dana 100 juta euro untuk memboyongnya ke Barnabeu pada musim panas 2013.

Di lini depan, Benzema bakal jadi pilihan utama. Jose Rodriguez bisa menjadi pilihan sebagai pendamping. Duet tersebut akan mendapat dukungan dari Bale, James, serta Isco yang ditengarai sudah bisa bermain setelah absen melawan Cordoba akibat cedera ringan. Asier Illarramendi pun mendapat sinyal menjadi starter melawan Sociedad, yang merupakan bekas timnya, karena Luka Modric masih cedera.

"(Illarramendi) akan bermain pada hari Sabtu. Dia menerima tawaran dari Athletic Bilbao, tetapi pemain ini merasa nyaman dan bahagia di sini," ujar Ancelotti tentang gelandang internasional Spanyol itu, yang dikabarkan akan pindah ke Bilbao lantaran kecewa tak kunjung menjadi pemain utama Los Blancos.

Madrid saat ini memuncaki klasemen sementara Primera Division dengan koleksi 48 poin dari 19 pertandingan yang sudah dilakoni. Mereka unggul satu angka atas rival abadinya, Barcelona, yang sudah bermain 20 kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com