Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghormatan kepada Malanda Awali Pesta Gol Wolfsburg

Kompas.com - 31/01/2015, 05:26 WIB
KOMPAS.com - Euforia melanda publik Volkswagen Arena ketika tim kesayangan mereka, Wolfsburg, menjamu Bayern Muenchen pada pekan ke-18 Bundesliga, Jumat (30/1/2015) waktu setempat atau Sabtu (31/1) dini hari WIB. Bagaimana tidak, Wolfsburg sukses melibas pemuncak klasemen sementara yang juga juara bertahan itu dengan skor 4-1.

Sebelum pesta gol itu terjadi, Volkswagen Arena sempat senyap selama beberapa saat karena publik Wolfsburg mengheningkan cipta untuk mengenang Junior Malanda. Pemain berusia 20 tahun, yang merupakan penggawa timnas Belgia U-21 ini meninggal dunia pada 10 Januari lalu akibat kecelakaan mobil.

Insiden itu terjadi ketika Malanda dalam perjalanan untuk menemui timnya yang akan berangkat ke Afrika Selatan untuk melakukan pemusatan latihan. Mobil yang ditumpangi Malanda dikabarkan menabrak pohon. Saat itu, Malanda duduk di kursi penumpang.

Para pendukung tim membentangkan spanduk bertuliskan "forever in our hearts". Mereka pun memegang kertas berwarna hijau berbentuk hati.

Setelah itu, para pendukung langsung berpesta karena saat pertandingan baru berusia empat menit, Bas Dost sudah mengoyak jala Bayern. Pemain asal Belanda ini kembali membobol gawang raksasa Bundesliga itu pada menit ke-45.

AFP/ODD ANDERSEN Sebuah poster yang dibentangkan pendukung Wolfsburg untuk menghormati Junior Malanda, yang tewas dalam kecelakaan mobil pada 10 Januari 2015, menjelang pertandingan Bundesliga antara Wolfsburg dan Bayern Muenchen di Volkswagen Arena, Wolfsburg, Jumat (30/1/2015).
Di babak kedua, giliran gelandang Belgia, Kevin de Bruyne, menyumbang dua gol pada menit ke-53 dan 73, untuk melengkapi pesta kemenangan Wolsburg pada laga perdana putaran kedua Bundesliga musim 2014/15. De Bruyne pun tampak sangat emosional merayakan gol ketiga Wolfsburg, untuk mengenang Malanda.

Satu-satunya gol balasan Bayern dicetak Juan Bernat pada menit ke-55.

Malanda mengawali karier di Lille pada 2011. Setahun berselang, dia bermain untuk Zulte Waregem.

Pada 2013, Malanda bergabung dengan Wolfsburg dan kembali dipinjamkan ke Zulte Waregem. Pada musim ini, Malanda bermain untuk Wolfsburg dan tampil sebanyak 17 pertandingan di Bundesliga.

Di timnas Belgia, Malanda tampil membela timnas kategori junior Belgia dalam lima tahun terakhir. Malanda berkawan dekat dengan beberapa pemain senior timnas Belgia, seperti Adnan Januzaj dan Kevin de Bruyne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com