Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ronaldo "Hat-trick", Madrid Perpanjang Rekor Kemenangan

Kompas.com - 07/12/2014, 04:00 WIB
KOMPAS.com - Rangkaian rekor mengiringi kesuksesan Real Madrid ketika mengalahkan Celta Vigo 3-0 pada pekan ke-14 Primera Division di Santiago Bernabeu, Sabtu (6/12/2014). Bukan cuma mengokohkan posisi mereka di puncak klasemen, tetapi Madrid mencetak kemenangan ke-18 secara berturut-turut di semua ajang, dan Cristiano Ronaldo pun menyempurnakan kemenangan Los Blancos dengan torehan hat-trick.

Kini, Madrid menjauh lagi dari kejaran rival sekotanya, Atletico Madrid, yang menang 2-0 atas Elche. Dengan koleksi total 36 poin, Los Blancos unggul empat angka atas Atletico. Sedangkan bagi Ronaldo, tiga golnya ke gawang Celta membuat dia mencatat sejarah sebagai pemain pertama yang paling banyak mencetak hat-trick di Liga Spanyol dan menambah torehan golnya menjadi 23 hanya dalam 13 penampilannya di Primera Division musim 2014/15.

Dalam laga ini, pelatih Carlo Ancelotti mengistirahatkan Isco, yang selama ini menjadi pilihan utama sejak Luka Modric cedera.  Asier Illarramendi diturunkan untuk menemani Toni Kroos di lini tengah.

Sejak peluit kick-off berbunyi, Madrid langsung melancarkan serangan. Sejumlah peluang berhasil diperoleh, tetapi apiknya penampilan kiper Sergio Alvarez membuat beberapa peluang gagal berbuah gol. Baru pada menit ke-35 Madrid mendapatkan peluang emas melalui penalti, menyusul pelanggaran Nolito atas Ronaldo, karena mendorong penyerang asal Portugal tersebut.

Ronaldo, yang menjadi eksekutor hukuman tendangan 11 meter itu, sukses menjalankan tugasnya. Dia mengecoh Sergio Alvarez, yang bergerak ke kanan, sehingga Madrid unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Madrid terus memberikan tekanan. Alhasil, mereka bisa menggandakan keunggulan lewat tendanga voli Ronaldo pada menit ke-65. Peraih Ballon d'Or 2008 dan 2013 ini memanfaatkan sedikit kemelut di mulut gawang Celta, dengan melepaskan tendangan first time menyambut bola sundulan lawan yang tak sempurna menghalaunya.

Unggul 2-0, Madrid semakin nyaman bermain di hadapan publiknya. Alhasil, gol ketiga pun dituai pada menit ke-81, lagi-lagi melalui kaki Ronaldo ketika menyambut umpan silang Marcelo yang menyisir dari sisi kiri. Ini merupakan gol ke-200 Ronaldo, serta mencatat rekor hat-trick ke-23 sepanjang kariernya di tanah Spanyol sejak pindah dari MU pada 2009.

Dengan kemenangan ini, Madrid telah menyamai rekor Barcelona yang mencetak 18 kemenangan berturut-turut pada periode Oktober 2005 hingga 22 Januari 2006. Waktu itu Barca ditangani Frank Rijkaard, yang menjadi pelatih di Camp Nou antara 2003 dan 2008, dan mencetak kemenangan tersebut pada 13 laga Primera Division, tiga di Liga Champions, dan dua di Copa del Rey.

- Susunan pemain

Real Madrid: Casillas; Carvajal, Pepe, Ramos, Marcelo; Bale, Illarramendi, Kroos, James (Arbeloa 53), Benzema (Fabio Coentrao 80), Ronaldo (Javier 'Chicharito' Hernandez 85)
Pelatih: Carlo Ancelotti

Celta Vigo: Alvarez; Mallo, Cabral (Sergi Gómez 74), Fontas, Jonny; Hernandez, Radoja, Krohn-Dehli (Santiago Mina Lorenzo 82); Orellana (Augusto Fernández 70), Larrivey, Nolito
Pelatih: Eduardo Berizzo

Wasit: Alberto Undiano

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com