Barcelona Tak Berdaya di Kandang PSG - Kompas.com

Barcelona Tak Berdaya di Kandang PSG

Ary Wibowo
Kompas.com - 01/10/2014, 03:44 WIB
AFP Bek Paris Saint-Germain, David Luiz, seusai mencetak gol ke gawang Barcelona pada matchday kedua Grup F di Stadion Parc des Princes, Selasa atau Rabu (1/10/2014) dini hari WIB.
PARIS, KOMPAS.com - Paris Saint-Germain (PSG) berhasil menang 3-2 atas Barcelona pada matchday kedua Grup F Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Selasa atau Rabu (1/10/2014) dini hari WIB.

Raihan tiga angka itu membuat PSG memuncaki klasemen sementara dengan poin empat, unggul satu angka dari Barcelona di peringkat kedua. Sedangkan, Ajax dan APOEL membuntuti di posisi ketiga dan keempat.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, PSG tampil menyerang sejak menit-menit awal. Upaya mereka pun langsung membuahkan hasil setelah David Luiz mencetak gol pada menit ke-10 untuk membawa PSG unggul lebih dulu.

Gol tersebut berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi Lucas. Meski mendapat pengawalan Jeremy Mathieu, Luiz mampu menyambut umpan tersebut dengan tendangan keras yang masuk ke pojok gawang.

Akan tetapi, keunggulan PSG tidak bertahan lama. Berselang dua menit, Barcelona mampu menyamakan kedudukan berkat torehan Lionel Messi. Setelah melakukan kerjasama satu dua dengan Andres Iniesta, Messi melepaskan tendangan keras yang tidak mampu diantisipasi oleh Salvatore Sirigu.

Pada pertengahan babak pertama, Barcelona terlihat mendominasi pertandingan. Akan tetapi, PSG bukan tanpa serangan karena beberapa kali serangan balik mereka mampu merepotkan barisan pertahanan skuad Blaugrana.

Bahkan, pada menit ke-26, PSG kembali mampu mengungguli Barcelona. Kali ini giliran Marco Verratti yang sukses mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan tendangan sudut Thiago Motta.

Selepas turun minum, PSG berhasil menambah golnya melalui torehan Blaise Matuidi pada menit ke-54. Menerima umpan silang Gregory van der Wiel, Matuidi menyosor bola dengan kaki kanannya hingga masuk ke pojok kiri gawang Barcelona.

Akan tetapi, keunggulan itu kembali tidak bertahan lama. Dua menit berselang, Neymar mampu memperkecil ketertinggalan Barcelona. Gol tersebut diciptakan Neymar dengan tendangan first time yang bolanya masuk ke pojok kanan gawang PSG.

Barcelona terus menekan PSG hingga menit-menit akhir. Namun, rapatnya barisan pertahanan tim tuan rumah membuat para pemain skuad Blaugrana kesulitan. Skor 3-2 untuk PSG pun bertahan hingga laga usai.

Sepanjang pertandingan, menurut catatan UEFA, Barcelona menguasai bola sebanyak 60 persen dan menciptakan dua tembakan akurat dari 14 usaha. Adapun PSG melepaskan lima peluang emas dari 12 percobaan.

Susunan pemain:
PSG:
30-Salvatore Sirigu, 5-Marquinhos, 17-Maxwell, 23-Gregory Van Der Wiel, 32-David Luiz, 8-Thiago Motta, 14-Blaise Matuidi, 24-Marco Verratti (4-Yohan Cabaye 71), 7-Lucas Moura, 9-Edinson Cavani, 27-Javier Pastore (20-Clement Chantome 86)
Pelatih: Laurent Blanc

Barcelona: 1-Marc-Andre ter Stegen, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba, 22-Dani Alves (29-Sandro Ramirez 83), 24-Jeremy Mathieu, 4-Ivan Rakitic (6-Xavi 69), 5-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta, 7-Pedro (31-Munir El Haddadi 62), 10-Lionel Messi, 11-Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Wasit: Nicola Rizzoli (Italia)

PenulisAry Wibowo
EditorAloysius Gonsaga AE
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM